Global-News.co.id
Pantura Politik Utama

Jabatan ‘Seksi’ Perangkat Desa di Wilayah Ngraho Jadi Rebutan

Jabatan perangkat desa kini menjadi idola, termasuk di wilayah Ngraho

BOJONEGORO (global-news.co.id) –  Jabatan perangkat desa menjadi salah satu profesi ‘seksi’ yang menjadi incaran masyarakat. Sebab, bermacam fasilitas bisa diperoleh layaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Camat Ngraho, Masirin, tidak memungkiri jika jabatan perangkat desa ini menjadi incaran masyarakat. “Memang seksi. Sekarang ini, anaknya guru didaftarkan perangkat, anaknya PNS didaftarkan perangkat, anaknya kepala desa didaftarkan perangkat. Bagaimana tidak seksi?” kata dia, Kamis (16/9).

Menurut dia, masyarakat ketika ada peluang apapun akan mencobanya. Tidak terkecuali cakupan paling dekat adalah perangkat desa. Mengingat, persaingan untuk menjadi PNS juga berat dan tidak setiap tahun ada.

Dengan menjadi perangkat desa, mereka bisa lebih dekat dengan rumah kalau bekerja.Tidak perlu jauh-jauh, dengan penghasilan yang cukup. “Menikah dan hidup juga di situ (desa),” ujarnya.

Selain penghasilan tetap yang terima, lanjut mantan Kabag Humas Pemkab Bojonegoro ini, perangkat desa sekarang ini juga memperoleh bermacam tunjangan. “Tunjangan beras, tunjangan anak, tunjangan kesehatan. Kalau PADes (Pendapatan Asli Desa) tinggi, penghasilan mereka bisa melebih PNS lho,” katanya.

Perlu diketahui, sekarang ini terdapat 249 peserta yang merebutkan 19 kursi perangkat desa di Kecamatan Ngraho. Berasal dari 11 desa. Mereka menguikuti ujian seleksi perangkat yang dilaksnakan oleh pihak desa dengan menggandeng pihak kampus sebagai pelaksana pihak ketiga. Dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngraho.

“Hasilnya nanti bisa langsung diketahui melalui pengumuman yang ditempel di masing-masing desa,” ujarnya.

Adapun 11 desa yang melaksanakan ujian seleksi perangkat desa di antaranya, Desa Pandan dengan lowongan Sekretaris Desa (Sekdes); Desa Kalirejo dengan lowongan Sekdes; Desa Payaman dengan lowongan Sekdes dan Kasi Pelayanan;  Desa Sugihwaras Sekdes dan Kasun; Desa Tanggunan dengan lowongan Kasi Pelayanan, Kaur Perencanaan, dan Kasun.

Selanjutnya Desa Nganti dengan lowongan Sekdes dan Kaur Perencanaan; Desa Bacer dengan lowongan Sekdes; Desa Luwihaji dengan lowongan Sekdes; Desa Ngraho dengan lowongan Sekdes, Desa Mojorejo dengan lowongan Kasi Pelayanan, Kaur Keuangan, dan Kasun; Desa Sumberagung dengan lowongan Kasi Pemerintahan dan Kasun. (tis)

baca juga :

Program Wakaf Gotong Royong, Nahdliyin Inggris Raya Dirikan Masjid di London

Redaksi Global News

Selama Pandemi, Satgas Covid-19 Surabaya Jaring 24 Ribu Pelanggar Prokes

Redaksi Global News

RS Royal Buka Layanan Inseminasi Buatan