Global-News.co.id
Sport Utama

Hadapi Borneo FC di Laga Perdana, Persebaya Tak Ciut Nyali Berpemain Lokal

 

Coach Persebaya Aji Santoso saat memimpin latihan

SURABAYA (global-news.co.id) – Terkendala tanpa pemain asing, skuad Persebaya Surabaya mengandalkan pemain lokal dalam menghadapi Borneo FC pada laga perdana kompetisi BRI Liga 1 2021–2022 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada Sabtu (4/9).

“Betapa pun kami akan memaksimalkan pemain lokal. Konfirmasi terakhir, kami belum bisa menurunkan pemain asing,” ujar Pelatih Persebaya, Aji Santoso, seperti dikutip dalam laman resmi klub, Kamis (2/9) malam.

Keempat pemain asing Persebaya, yakni Bruno Moreira (Brasil), Jose Wilkson (Brasil), Alie Sesay (Inggris ), dan Taisei Marukawa (Jepang), tidak bisa tampil karena terbentur aturan wajib vaksin dua dosis bagi semua pemain dan ofisial yang tampil di kompetisi.

Empat pemain asing Persebaya itu baru sekali mendapatkan suntikan vaksin AstraZeneca (AZ), karena didasari pada alasan kemanusiaan dan kenyamanan.

Alie Sesay dan Taisei Marukawa tidak diperbolehkan pemerintah negaranya menggunakan jenis Sinovac sehingga vaksin Astra Zeneca diberikan kepada pemain asing meski jeda suntikan pertama dan kedua lebih lama.

Meski demikian, kata Aji, timnya pantang ciut nyali dan dipastikan akan tampil maksimal dengan mengusung target sempurna di laga perdana. “Tak perlu diratapi. Kami optimistis menatap pertandingan nanti,” ucap legenda hidup Timnas Indonesia itu.

Diakui Aji, tanpa pemain asing memang bakal mereduksi kekuatan, apalagi chemistry sudah terbangun dengan rapi dan para pemain asing sudah paham taktikal serta gaya permainan khas Persebaya.

“Sayang memang. Tapi pertandingan sudah di depan mata. Tak perlu lagi menengok ke belakang,” kata dia.

Hal senada disampaikan kapten Persebaya, Rachmat Irianto, yang menyatakan siap menghadapi pertandingan di musim baru ini.

“Kondisi tim cukup bagus. Kebersamaan terjalin, hubungan kami sudah layaknya keluarga, baik di dalam dan luar lapangan. Kini, saatnya membuktikan hasil latihan intens selama ini di pertandingan nanti,” tuturnya.

Sementara itu, selain empat pemain asing, di pertandingan nanti Persebaya juga tidak bisa menurunkan dua pemain mudanya yakni Marselino Ferdinand dan Ruy Arianto.

Keduanya juga baru mendapatkan vaksin dosis pertama, namun jeda bisa lebih cepat karena menggunakan jenis Sinovac. Sebelumnya, mereka terkendala aturan batasan usia vaksin minimal 18 tahun karena keduanya tahun ini baru berusia 17 tahun. (ara, ins)

baca juga :

Pemkab Pamekasan Segera Petakan Kemitraan UMKM dengan Investor

gas

Pendaftar Vaksinasi Online bagi 18 Tahun ke Atas Capai Lebih dari 180 Ribu Orang

Titis Global News

Bersama Pangkoarmada II, Walikota Eri Siap Berkolaborasi Gelar Percepatan Vaksinasi di Wilayah Aglomerasi

Redaksi Global News