Global-News.co.id
Sport Utama

Dispora Dukung Total Kontingen Jatim Berlaga di Ajang PON XX Papua

Plt Kadispora Jatim Supratomo (kanan) siap mendukung kontingen Jatim

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi berkomitmen penuh mendukung kontingen Jawa Timur yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Dukungan kami dari berbagai sektor. Ibu Gubernur Jatim juga sudah menginstruksikannya,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Jatim Supratomo di Surabaya, Jumat (3/9). Faktor yang harus dipersiapkan saat ini adalah keselamatan, kesehatan, baru kemudian prestasi.

Supratomo yang akrab disapa Tom, mengatakan, pelaksanaan PON di masa pandemi Covid-19 membuat sektor keselamatan dan kesehatan lebih diprioritaskan ketimbang prestasi.

“Tapi, bukan berarti Jatim meremehkan prestasi. Atlet dan pelatih tetap berjuang di lapangan dan berusaha meraih hasil maksimal,” ucap Tom.

Dispora Jatim, lanjut dia, juga melibatkan tim dari Dinas Kesehatan untuk mendukung dan menjaga seluruh kontingen yang berlaga di PON. “Atlet dan semuanya harus terjaga kesehatannya di sana. Jangan sampai Puslatda yang sudah empat tahun terakhir digelar, jadi gagal bertanding karena tidak sehat,” kata Tom.

“Apalagi, di sana nanti yang jadi tantangan kesehatan adalah Covid-19 dan malaria. Makanya, harus dijaga betul,” tambah mantan Kabiro Humas dan Protokol itu.

Soal anggaran dukungan untuk PON Jatim, ia mengungkapkan tidak ada masalah dan saat ini pihaknya sudah mulai fokus pada pertandingan yang semakin mendekati jadwal.

Di sisi lain, lanjutnya, memang harus disadari, karena saat ini masa pandemi dan harus membantu membiayai semua yang terdampak. Intinya, Pemprov mendukung pembiayaan, mulai Puslatda hingga pelaksanaan. “Termasuk nantinya bonus yang diberikan usai PON bagi atlet berprestasi,” kata Tom.

PON XX Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi  berjumlah 6.144 orang. Ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet. Mereka akan bertanding di 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor dan 679 nomor pertandingan. (ara)

baca juga :

Dua Karyawan Meninggal, Sampoerna Jadi Klaster Baru Virus Corona di Jati.

Redaksi Global News

Kekeringan di Kabupaten Ngawi, BPBD Jatim Salurkan Air Bersih

Redaksi Global News

Tragedi Kanjuruhan: Presiden Jokowi Pastikan Korban Dapat Pelayanan Terbaik

Redaksi Global News