Global-News.co.id
Madura Utama

Difasilitasi Pemkab Calon Bintara Polri Dari Pamekasan Naik 300 Persen


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, sukses menfasilitasi para pemuda di daerahnya yang ikut seleksi Bintara Polri di Mapolda Jawa Timur tahun 2021.

Berkat fasilitasi tersebut, tahun ini ada 15 pemuda asal Pamekasan yang lolos Bintara Polri dari sekitar 220 orang yang ikut seleksi. Sementara pada tahun 2020, hanya 4 orang yang lolos seleksi tanpa fasilitasi pemerintah kabupaten (pemkab).

Artinya, naik 300% setelah mendapat fasilitas dari Pemkab Pamekasan.
Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan, Halifaturrahman mengungkapkan, pihaknya tahun 2021 membiayai 15 calon Bintara Polri yang lolos seleksi. Biaya itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

“Ini merupakan program pertama pak Bupati, tahun sebelumnya tidak ada. Kalau yang ikut seleksi secara keseluruhan jumlahnya sekitar 220-an,” terangnya, Selasa (31/8/2021).

Pemkab Pamekasan membiayai calon Bintara Polri tersebut sebagai wujud kepedulian Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam terhadap masyarakat kurang mampu yang memiliki cita-cita kuat menjadi polisi. Namun yang pasti, mereka yang lolos seleksi itu nantinya wajib mengabdikan diri di bumi Gerbang Salam.

Program itu juga bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Pamekasan di masa-masa yang akan datang. Makanya, pemerintah daerah menggenjot beberapa program di bidang pendidikan untuk investasi SDM masa depan. Seperti beasiswa santri, beasiswa kedokteran dan sejumlah program di bidang pendidikan lainnya.

Dana untuk biaya calon bintara polri tersebut berbentuk hibah kepada Polda Jawa Timur setelah sebelumnya melakukan memorandum of understanding (MoU) antara dua instansi itu. Harapannya, program ini bermanfaat bagi masyarakat yang terkendala biaya dalam mewujudkan anak-anaknya menjadi anggota polri.

“Pemkab memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Pamekasan mengikuti seleksi penerimaan pendidikan bintara polri. Alhamdulillah ada 15 warga Pamekasan yang lolos tahun ini,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Trem Tunjungan-Joyoboyo Dianggarkan Rp 100 Miliar

Rumah Bersalin Sarongan Banyuwangi Beroperasi, Hasil Gotong Royong

HUT Ling Tien Kung Ke-18, Shane: Ayo Berbondong Bondong Ke AAL Bumimoro

gas