Global-News.co.id
Sport Utama

Beruntungnya Punya Ronaldo, Timnas Portugal Menang Dramatis

Ronaldo melakukan selebrasi usai membawa Portugal menang dramatis atas Rep Irlandia.

LISBON (global-news.co.id) – Timnas Portugal menang dramatis atas Republik Irlandia pada lag Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (2/9) dini hari WIB.
Pelatih timnas Portugal Fernando Santos beruntung punya Cristiano Ronaldo. Saat Portugal tampil buruk, CR7–sebutan Ronaldo– menjadi pahlawan kala mengalahkan Republik Irlandia.

Portugal bersusah payah mengalahkan Republik Irlandia 2-1 di Estadio Algarve pada laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (2/9) dini hari WIB. Selecao das Quinas harus tertinggal 0-1 hingga menjelang akhir laga akibat gol dari John Egan pada menit ke-45.

Saat Portugal dalam situasi sulit, Cristiano Ronaldo kembali muncul sebagai pahlawan. Ia mencetak brace di menit ke-89 dan 90+6′. Torehan dua gol Ronaldo ini menebus kegagalan penaltinya pada menit ke-15.

Dua gol Ronaldo ke gawang Irlandia juga membuatnya menorehkan rekor sebagai pesepakbola pria paling produktif saat membela tim nasional. Ia kini telah membuat 111 gol dari 180 penampilan bersama timnas Portugal. Ronaldo melewati catatan milik Ali Daei yang membuat 109 gol dengan timnas Iran.

Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, benar-benar beruntung memiliki Ronaldo. Santos mengakui bahwa tim besutannya memang tampil tak terlalu baik di laga ini. Namun, Ronaldo mampu muncul di saat yang tepat mengantarkan Portugal meraih tiga angka.

Dalam laga ini, Portugal memang sempat kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Padahal, mereka tampil sangat dominan sepanjang laga dengan mencatat 73 persen penguasaan bola dan total 29 tembakan. Dari banyaknya percobaan tembakan tersebut, Portugal hanya membuat tujuh shoot on target.

“Ronaldo memang seperti itu, dia selalu seperti itu. Pemain hebat seperti yang ditunjukkannya. Permainan mungkin tidak berjalan dengan baik tetapi dia datang menghadirkan semua solusi,” ujar Santos dikutip dari situs resmi UEFA.

Kemenangan ini membuat Portugal berada di puncak Grup A dengan 10 angka dari empat laga. Mereka hanya berjarak tiga poin dari Serbia di urutan kedua yang baru bermain tiga kali.

Dalam pertandingan Grup A lainnya yang berlangsung bersamaan, Luksemburg memetik kemenangan kedua mereka saat menjamu Azerbaijan dengan skor 2-1.

Mica Pinto membawa Luksemburg memimpin pada menit kedelapan sebelum Gerson Rodrigues menggandakannya lewat eksekusi penalti pada menit ke-28.

Azerbaijan sempat membalas melalui gol tendangan bebas Emin Mahmudov, tetapi Luksemburg sukses mempertahankan skor 2-1 hingga bubaran.

Hasil-hasil tersebut membuat Portugal memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 10 poin unggul tiga poin atas Serbia di posisi kedua. Luksemburg di posisi ketiga dengan enam poin di atas Irlandia dan Azerbaijan yang sama-sama masih nirpoin, demikian laman resmi UEFA.

Rangkaian pertandingan Grup A selanjutnya pada Sabtu (4/9) Irlandia akan menjamu Azerbaijan dan Luksemburg menyambangi Serbia. Lantas dua laga penutup Grup A di jendela kualifikasi Piala Dunia 2022 September ini mempertemukan Azerbaijan vs Portugal dan Irlandia vs Serbia pada Selasa (7/9). (cnn, ara, ins)

baca juga :

Pemerintah Alihkan Cuti Bersama Idul Fitri ke Desember

Redaksi Global News

Tinjau Uji Coba Belajar Tatap Muka Terbatas di Nganjuk, Gubernur Khofifah Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Redaksi Global News

Diskon Tiket Pesawat hingga 50% Mulai Berlaku, Hanya 3 Bulan dan 10 Kota

Redaksi Global News