Global-News.co.id
Madura Utama

Bantuan Alat alat Pertanian dari Dana DBHCT Mulai Diserahkan


PAMEKASAN (global-news.co.id) –Program pemberian bantuan alat alat pertanian yang didanai dari DBHCHT, Senin (6/9/21) sudah mulai direalisasikan. Dua jenis alat pertanian yang diserahkan itu antara lain mesin prajang tembakau dan genset.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan Ir Ajib Abdullah MT.

Alat alat pertanian itu diserahkan sebanyak 20 unit mesin perajang tembakau dan 20 unit genset. Bantuan itu diserahkan kepada petani melaui 10 kelompok tani se Pamekasan.

Penyerahan dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian DKPP Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu.

Achmad Suaidi Kabid Produksi saat mendampingi Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah mengatakan untuk sementara bantuan alat alat pertanian yang sudah bisa diserahkan berupa 20 genset dan 20 pesin perajang tembakau. Alat alat itu termasuk alat pertanian yang mendesak dibutuhkan oleh petani.

“Sementara yang pasti diserahkan karena mendesak karena petani sudah menunggu yakni berupa mesin rajang dengan gensetnya masing masing sebanyak 20 unit. Sementara alat alat pertanian yang juga direncanakan dibantukan yang lain menyusul. Ini untuk kelompok tani yang betul betul membutuhkan alat ini, ada 10 kelompok tani se Pamekasan,” kata Suaidi.

Alat alat pertanian lainnya yang juga dijanjikan akan segera diberikan pada petani diprogramkan segera menyusul penyerahannya. Diantara alat alat pertanian tersebut berupa widik tempat menjemur tembakau rajangan, handtractor, cultivator, lalu spreyer dan lainnya.

Suaidi mengatakan dengan diserahkannya bantuan alat alat pertanian itu, diharapkan segera bisa membantu mempermudah dan meringankan beban atau biaya yang harus ditanggung petani saat panen tembakau.

“Harapanya semakin mengurangi biaya pokok produksi dari petani yang biasanya menggunakan manual dirajang manual dengan penggunaan mesin rajang ini akan jauh lebih murah. Artinya menekan biaya pokok produksi dalam rangka pasca panen tembakau. Ini harapan Pemkab melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian,” ungkapnya.

Dia berharap agar alat alat pertanian itu dapatnya dimanfaatkan betul oleh petani yang membutuhkan alat ini. Dimanfaatkan secara maksimal untuk menekan biaya pokok produksi dan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Ir Ajib Abdullah saat memberikan pengarahan dihadapan penerima bantuan mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam membantu meringankan beban petani. Dia juga menyampaikan agar alat alat pertanian itu dipakai dengan baik, dirawat dan secara maksimal digunakan bersama anggota kelompok tani.

Ajib Abdullah juga meminta agar pada saat menggunakan alat itu, diteliti dan dikontrol tentang kelebihan dan kekurangannya. Karena itu dia berjanji nanti para penerima alat bantuan itu akan dikumpulkan guna dilakukan evaluasi sejauhmana efektiftasnya. (mas)

baca juga :

Dua Tenaga Kerja Asal China Diamankan Petugas Tim Pora Lamongan

Rofiq

Tinjau Dua Tempat Pelaksanaan Vaksin Covid-19, Wabup Ingatkan Tetap Jaga Prokes Covid-19 Meski Telah Divaksin

gas

NTP Rendah, Pemerintah Harus Lindungi Kebutuhan Petani

Redaksi Global News