Global-News.co.id
Kesehatan Metro Raya Utama

Atas Inisiatif Warga Sendiri, Walikota Eri Apresiasi Vaksinasi di Rungkut Mapan Barat

Walikota Eri sempat menyapa warga disabilitas yang hendak divaksin

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi bersama Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Perumahan Rungkut Mapan Barat, Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gununganyar, Surabaya, Rabu (29/9).

Vaksinasi yang diinisiasi warga yang tergabung dalam Relawan Bodreks itu menyasar warga Perumahan Rungkut Mapan Barat, luar warga perumahan, para pelajar, dan juga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) serta warga disabilitas.

Walikota Eri juga sempat menyapa warga disabilitas yang hendak divaksin. Bahkan, para pelajar SD dan SMP yang hendak divaksin juga tak luput dari sapaannya. Mereka bahkan bersukaria berfoto dengan Walikota Eri.

Walikota Eri mengapresiasi vaksinasi yang digelar di Perumahan Rungkut Mapan Barat itu. Sebab, vaksinasi yang digelar di tempat tersebut diinisiasi oleh warga yang tergabung dalam Relawan Bodreks. Apalagi, tempatnya sangat nyaman dan tertata. “Ini bisa dijadikan contoh, bagaimana kekuatan Relawan Bodreks yang ada di Rungkut ini bergerak melakukan vaksin bagi warga,” kata dia.

Dengan percontohan ini, ke depan semua wilayah bisa melakukan hal serupa, sehingga Pemkot Surabaya beserta Forkopimda Surabaya hanya memberikan vaksinnya. Sedangkan tempat dan warga yang akan divaksin disediakan oleh warga.

“Insyallah dengan model seperti ini akan jauh lebih cepat. Apalagi, kalau kita mengadakan di kelurahan-kelurahan, dan teman-teman relawan ini mengadakan di RW-RW, dibantu mobil vaksinnya Pak Kapolres yang terus jalan, pasti akan lebih cepat,” tegasnya.

Dia juga mengapresiasi kekuatan komunitas Relawan Bodreks dalam membantu pemkot menangani pandemi Covid-19. Sebab, dulu di perumahan tersebut sempat masuk dalam zona oranye dan banyak yang sakit, namun kini sudah masuk ke zona hijau dan warganya sudah banyak yang sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita, juga mengaku salut dengan Relawan Bodreks ini. Sebab, mereka yang bergerak aktif jemput bola dan secara door to door mengajak warga sekitar melakukan vaksinasi. “Saya salut betul kepada mereka, karena mereka mendatangi satu persatu rumah warga yang belum mendapatkan vaksin, lalu mereka ajak vaksin hari ini,” kata dia.

Vaksinasi kali ini disediakan 700 dosis, baik untuk vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Bahkan, para relawan ini juga mengajak para pelajar dan warga disabilitas dan ODGJ mengikuti vaksin. (pur)

baca juga :

Dukung Kebangkitan UMKM, Ini Bentuk Dukungan BNI

Redaksi Global News

Kebutuhan Avtur Bandara Aceh Melonjak 150%

Redaksi Global News

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Surabaya: Berdayakan Masyarakat Sekitar