Global-News.co.id
Pantura Utama

Apresiasi Implementasi KIP, Kedungsumber-Bojonegoro Raih Desa Terbaik

Desa Kedungsumber-Bojonegoro meraih apresiasi implementasi KIP se-Indonesia

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Prestasi prestisius diraih Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Desa tersebut berhasil menempati posisi 9 dari 10 desa terbaik dalam Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) se- Indonesia.

Kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Hak untuk Tahu Sedunia yang diselenggarakan Selasa (28/9) di Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang. Apresiasi Implementasi diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat, Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), serta proses seleksi berlangsung selama 5 bulan.

Dalam proses seleksinya, Desa Kedungsumber mempresentasikan Keterbukaan Informasi Publik tentang potensi desa, inovasi desa, komitmen serta menampilkan media keterbukaan informasi yang digunakan, yakni media tatap muka serta media sosial (facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp).

Desa Kedungsumber juga melakukan inovasi Musyawarah Dusun (Modus). Terobosan serta inovasi tersebut yang membawa Desa Kedungsumber masuk dalam jajaran 10 desa terbaik Keterbukaan Informasi Publik se- Indonesia.

Kegiatan apresiasi implementasi kali ini juga mengusung tema “Membangun Sinergitas Keterbukaan Informasi Publik untuk Indonesia Maju dan Berintegrasi”. Kegiatan ini bermaksud mendorong kesadaran hak akses informasi yang mudah dan transparan dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Hal ini sesuai UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk mewujudkan semangat transparansi serta memenuhi hak publik yang mewujudkan good government dan clean government.

Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, menyampaikan, pemerintah desa dapat menggunakan berbagai platform untuk menyebarluaskan informasi atas penggunaan dana desa secara transparan. “Keterbukaan penyebarluasan informasi berproses dari perencanaan, pendataan dan akuntabilitas pertanggungjawaban. Selamat untuk 10 desa terbaik, semoga menjadi penyemangat desa-desa lainnya,” ungkap Halim Iskandar.

Atas prestasi gemilang yang diraih, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, mengatakan rasa terima kasih serta selamat kepada Desa Kedungsumber serta seluruh pihak yang telah terlibat membantu. “Keterbukaan informasi publik juga mewujudkan pemerintahan desa yang baik, bersih, maju, dan mandiri sesuai mandat UU desa. Semoga pencapaian Desa Kedungsumber menjadi penyemangat selanjutnya bagi desa-desa lain di Bojonegoro,” ujar Bupati Bojonegoro. (rno)

baca juga :

Hadapi Pilpres, Penghayatan Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Harus Diperkuat

gas

Baddrut Tamam Ajak Jadikan Ramadhan Momentum Tingkatkan Energi Positif

gas

Tapaki Seri 3, Persipura Targetkan Poin Sebanyak Mungkin

Redaksi Global News