Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Antisipasi Musim Hujan, Wawali Armuji Tinjau Pengerukan Brandgang Darmo Kali

Wakil Walikota Surabaya Armuji saat meninjau pengerukan brandgang.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) dalam empat bulan terkahir melakukan pengerukan saluran drainase secara masif. Di antaranya, brandgang yang ada di Jl Raya Darmo. Brandgang merupakan jalur saluran yang biasa menjadi penghubung antara saluran kecil ke saluran besar.

Wakil Walikota (Wawali) Surabaya Armuji meninjau proses pengerukan brandgang di Jl Raya Darmo, Surabaya, Kamis (9/9). Pengerukan itu dilakukan agar dapat menampung lebih banyak jalur air. Ia pun turun ke dasar saluran untuk mengarahkan petugas agar proses pengerukan bisa dipercepat.

Wawali Armuji mengatakan, petugas menemukan adanya sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan. Oleh sebab itu, brandgang tersebut harus dikeruk. Sehingga, aliran air dapat mengalir dengan lancar.

“Kita lihat sendiri sedimennya cukup tinggi, hampir peres (rata) air yang di atas. Karena itu, kita lakukan pengerukan supaya aliran air itu bisa lancar,” kata Armuji.

Cak Ji sapaan akrabnya menjelaskan, pengerukan itu rutin dilakukan sebagai bentuk anitisipasi datangnya musim hujan. Pengerukan itu juga dilakukan di beberapa brandgang lainnya, seperti di brandgang di wilayah Tambaksari dan Gubeng.

“Jadi, nanti saat musim hujan tiba bisa menampung lebih banyak debit air. Ini tanggung jawab bersama yo rek. Pemkot Surabaya sudah bekerja mengantisipasi banjir, ayo dibantu,” imbaunya.

Cak Ji juga memberikan semangat kepada petugas yang sedang bekerja melakukan pengerukan di brandgang Darmo Kali. Bahkan, ia juga mengajak para paetugas itu makan nasi bungkus bersama. “Rek, mangan sik, wis wayahe istirahat (Makan dulu, sudah waktunya istirahat). Suwun yo rek, sudah menjaga Surabaya agar bebas banjir,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Sarpras Pematusan DPUBMP, Ahmad Idi Pratiknyo, menerangkan, normalisasi saluran itu dilakukan sebagai persiapan musim hujan. Pihaknya mengerahkan sekitar 60 petugas untuk mengerjakan pengerukan di brandgang Darmo Kali.

“Ini terdiri dari tiga grup, satu grupnya berisi sekitar 20 orang. Jadi, totalnya sekitar 60 petugas yang dikerahkan,”  terangnya.

Ia menyebut, pengerukan dilakukan di 36 brandgang yang tersebar di wilayah Surabaya. Brandgang terbagi ke dalam enam rayon. Dalam satu rayon terdapat enam brandgang. “Ini kita melakukan pengerukan di rayon Genteng, daerahnya ini saluran Darmo Kali. Aliran airnya menuju rumah pompa air Darmo Kali,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Surabaya Gelar Kampanye Percepatan Pencegahan Anak Stunting

Redaksi Global News

Bakamla Tugasi ITS Optimalkan Pengamanan Lautan Indonesia

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Minta Semua Pihak Hormati Keputusan Arab Saudi

Redaksi Global News