Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Ainur Rohim Jadikan PWI Jatim Lebih Independen


SURABAYA (global-news.co.id) – Petahana dalam pencalonan ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur (PWI Jatim), Ainur Rohim, mengaku senang dengan munculnya kandidat calon lain. Air– panggilan karib Ainur Rohim – yang sekarang menjabat Ketua PWI Jatim menganggap hal itu sebagai salah satu penguatan demokrasi di tanah air.

“Saya menilai dalam perspektif penguatan demokrasi adalah wajar munculnya figur calon-calon ketua PWI Jatim menjelang konferensi Oktober 2021. Sebab, hal itu kelaziman dan prosedur normal dalam demokrasi. Tentu pencalonan tersebut sesuai PD dan PRT (peraturan dasar dan peraturan rumah tangga, Red.) organisasi. Sekaligus menunjukkan bahwa PWI Jatim adalah organisasi yang makin baik dan menarik. Kinerjanya dinilai positif oleh pihak lain,” kata Air kepada Global News Rabu 22 September 2021.

Air yang sekarang menjabat Direktur Utama Beritajatim.com mengatakan, dalam pandangannya secara organisasi PWI harus melengkapi jaringan struktur organisasi yang belum ada di tingkat kabupaten dan kota sampai sekarang. “Kami juga memperkuat program UKW (uji kompetensi wartawan) dan pencerahan kapasitas kepada wartawan anggota PWI,” katanya.

Selain itu, kata dia, PWI dalam kepengurusannya memperluas dan memperkuat jaringan serta sinergitas dengan banyak pihak untuk kemajuan organisasi. Begitu juga regenerasi di PWI mesti dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Dan tentu saja merujuk pada ketentuan yang ada di PD dan PRT organisasi. Kesadaran dan kemauan wartawan untuk berorganisasi di PWI juga terus ditumbuhkan agar sumber kepemimpinan di PWI tak terputus,” ujarnya.

Ditegaskan pula bahwa sikap independen PWI mesti jadi satu poin penting dalam mengelola organisasi para wartawan ini. Terutama terkait dengan isu dan agenda politik. Hal itu karena pada tahun -tahun mendatang merupakan tahun politik menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah hingga pemilihan presiden.

“Di PD dan PRT hal itu sudah diatur dan sejumlah keputusan organisasi. Sekalipun kita jalin sinergi dengan banyak pihak, namun mesti ada jarak yang memberikan ruang kepada anggota selaku wartawan bisa menjalankan kontrol sosial dengan baik. Semoga poin-poin pemikiran saya selaku ketua PWI Jatim bermanfaat bagi kemajuan PWI,” katanya.

Konferensi PWI Jatim akan digelar pada Oktober 2021. Sekarang setidaknya sudah muncul tiga kandidat calon ketua. Selain Ainur Rohim, juga beredar nama Eko Pamuji yang kini Sekretaris PWI Jatim dan Lutfil Hakim juga menjadi Wakil Ketua Bidang Kerja Sama PWI Jatim.

Dengan munculnya tiga nama wartawan senior yang juga lama menjadi pengurus PWI Jatim ini, konferensi PWI Jatim bisa berlangsung demokratis dan menarik sebagai sebuah pesta demokrasi di kalangan para jurnalis. (gas)

baca juga :

DPRD Kota Blitar Kawal Rencana Pelebaran Jalan di Kawasan Alun-alun

Redaksi Global News

Jumlah Warga Hong Kong yang Mengajukan Paspor Inggris Meningkat Tajam

Redaksi Global News

Februari Direlokasi, Kios Pasar Sedandang Ludes Terbakar

Redaksi Global News