Global-News.co.id
Kesehatan Madura Utama

Vaksinasi ASN Pemkab Sumenep Baru Capai 52,6 Persen

Bupati Sumenep saat vaksinasi Covid-19 serentak di halaman Kantor Bupati

SUMENEP (global-news.co.id) – Vaksinasi Covid-19 di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep belum mencapai target. Sebab angka pencapaian vaksin bagi aparatur pemerintah itu sekitar 52,6 persen.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH mengatakan, ASN yang telah divaksinasi sampai 22 Agustus 2021 dari sekitar 3.667 orang ASN non-guru dan tenaga kesehatan yang melaporkan baru mencapai 1.930 orang atau sekitar 52,6 persen.

“Sedangkan, non-ASN yang sudah menjalani vaksinasi dosis 1 sebanyak 1.266 orang dan mereka yang telah divaksinasi dosis 2 sebanyak 1.212 orang,” katanya saat vaksinasi Covid-19 secara serentak se-Kabupaten Sumenep, di halaman Kantor Bupati, Selasa (24/08).

Menurutnya, ASN dan non-ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep harus menjadi teladan dalam pelaksanaan vaksinasi, karena sebagai pegawai pemerintah sangat berperan dalam menyukseskan vaksinasi di daerah.

“Saya tekankan ASN dan non-ASN juga menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sebagi kunci pengendalian, penularan serta penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep,” lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan ini.

Bupati mengungkapkan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum melaporkan data vaksinasi ASN dan non-ASN segera menyerahkan datanya kepada pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep.

“Ada beberapa OPD yang belum menyerahkan data di antaranya, dinas pendidikan, dinas perhubungan, dinas pariwisata, kebudayaan pemuda dan olahraga, dinas PU bina marga serta badan kesatuan bangsa dan politik. Sementara kecamatan yang belum adalah, Kecamatan Arjasa, Batang-batang, Batuan dan Kecamatan Gayam,” imbuh Bupati.

Pemkab Sumenep, Selasa (24/08) mengadakan vaksinasi secara serentak di 27 kecamatan, bahkan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep. Bagi masyarakat yang mengikuti vaksin tahap pertama dan kedua, telah disiapkan hadiah di antaranya, berupa sepeda motor, televisi, dan sepeda gunung.

Data pertanggal 22 Agustus 2021, dari total sasaran sebanyak 845.130 orang telah mencapai 132.045 atau sekitar 15,6 persen. “Rincianya sebanyak 87.809 orang menjalani vaksinasi dosis ke-1 sedangkan 43.489 orang sudah divaksin dosis ke-2, serta 847 orang menjalani vaksinasi dosis 3 terutama untuk para tenaga kesehatan,” kayanya. (sue, ins)

baca juga :

Satpol PP Surabaya Laporkan Habib Umar Assegaf ke Polda Jatim

Redaksi Global News

Pelapor Putra Presiden Jokowi Ditahan

nasir nasir

Dihadiri Mahfud MD, Peserta Silaturahmi KAHMI Se-Madura Membludak

Redaksi Global News