Global-News.co.id
Mataraman Utama

Trotoar Bergaya Modern, Kota Bojonegoro Makin Moncer

Salah satu sudut pandang trotoar dan sekitarnya di Kota Bojonegoro

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Wilayah perkotaan Bojonegoro semakin indah, berubah dan enak dipandang. Kini, perkotaannya bak mini Malioboro. Mungkin itu sebutan yang layak karena pedestrian yang sebelumnya tak berseni, kini disulap bagai altar menakjubkan. Trotoar jalan juga seperti kota-kota modern.

Ya, sejak awal tahun 2021, masyarakat sumringah menyambut tata kota dengan konsep pedestrian yang modern. Warga bisa menikmati pembangunan trotoar dan drainase yang telah tuntas akhir tahun 2020 itu. Pengerjaan trotoar dan drainase tepat waktu.

Gebrakan dalam menata kawasan kota dan sekitarnya juga tidak terlepas pembangunan trotoar dan drainase yang ciamik. Memanjakan keindahan hingga kemudahan masyarakat mengakses pejalan kaki. Lebar dan desain penuh kenyamanan. Berpadu dengan bunga-bunga hias membuat trotoar terasa indah, nan ramah disabilitas.

Konsep trotoar yang indah ini menjadi jujukan spot foto. Sejak trotoar selesai dibangun akhir Desember 2020, anak-anak muda terpikat berfoto di trotoar di kawasan perkotaan. Jadinya, sejak lembaran baru memasuki tahun 2021, mereka bergantian dan jepret foto di atas altar trotoar itu.

“Trotoare wis indah, jalane apik, perekonomian jalan. Sekarang mobil sudah riwa-riwi, dulu jeglong. Sehingga perdagangan kompetitif, transportasi murah. Dalane juga wis nglenyer,” ucap Bu’e, sapaan akrab Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Selama 2020, ada lima titik pengerjaan trotoar dan drainase. Yakni, Jalan Gajahmada, Jalan Untung Suropati, Jalan Diponegoro, Jalan Panglima Sudirman (Pangsud), dan Jalan RA. Kartini.

Pengerjaan trotoar ini berkesinambungan atau estafet dari tahun sebelumnya. Pada 2019, Pemkab Bojonegoro membangun 11 titik trotoar. Trotoar yang sebelumnya paving dan semrawut, akhirnya dirombak dengan pemasangan granit. Konsep trotoar granit ini bak labirin yang membawa keindahan istana.

Tentang perbaikan trotoar tahun 2021, Bupati Anna Mu’awanah bersama jajaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Bojonegoro tetap akan membenahi trotoar.

Pada tahun 2021 rencana membangun projek trotoar lebih banyak lagi. Mencapai
tujuh ruas jalan protokol. Meliputi Jalan Mastrip, Jalan Hasyim Asyari, Jalan Imam
Bonjol, Jalan Pangsud sisi timur, Jalan dr Soetomo, dan Jalan MH Thamrin. Lelang proyek sudah tuntas. Dan pembangunan trotoar pada 2021 ini lebih awal. Sehingga ditargetkan akhir 2021, pembangunan tujuh trotoar dengan konsep granit ini  tuntas.

Termasuk pada 2021 menuntaskan projek
tunggakan di Jalan Gajah Mada. Seperti diketahui projek trotoar Jalan Gajah Mada menyisakan sisi barat. Projek itu sempat tak tuntas pada tahun sebelumnya. (ins, boe)

baca juga :

Pelatih Dewa United Tegaskan Tak Ada Pemain Lama dan Pemain Baru di Tim

Antisipasi Arus Mudik, Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Simulasi Pengalihan dan Rekayasa Lalin

Redaksi Global News

Empat Kota Naik ke Level 4 pada Perpanjangan PPKM Jawa-Bali, Termasuk Kota Madiun

Redaksi Global News