Global-News.co.id
Sport Utama

Tim Angkat Besi Jatim Terkendala Mental Bertanding Lifter Putri

Lifter putra relatif tak masalah, lifter putri masih terkendala mental

SURABAYA (global-news.co.id) – Tim angkat besi Jatim terus menggenjot kesiapan dan persiapan atlet menjelang tampil di (Pekan Olahraga Nasional) PON XX-2020 Papua, Oktober 2021 nanti. Namun ada beberapa kendala, terutama masalah mental lifter putri.

Kepala Pelatih Angkat Besi Jatim, Jeffry Tagore, mengakui bahwa sampai saat ini mental masih menjadi kendala. Terutama dua atlet putri yakni Maria Claudia yang turun di kelas 64 Kg dan Disca Rufa Mizana yang turun di kelas 87 Kg.

Pihaknya memberi contoh, pada waktu tes even yang di-setting semirip mungkin dengan situasi pertandingan betulan dan  dibuat heboh. “Ketika ditonton pengurus KONI Jatim, ternyata benar dua atlet muda kita yang perempuan itu gagal mencapai target angkatan,” ungkap Jeffry, Senin (16/8).

Ia mengatakan, padahal angkatan yang dilakukan dalam tes even tersebut adalah angkatan yang biasa diangkat dan selalu berhasil dilakukan dalam latihan sehari-hari.

Melihat kondisi demikian, memang masalah mental masih menjadi kendala. “Ya karena memang selama ini tidak ada kejuaraan untuk mengasah mereka. Ini yang menjadi evaluasi kita untuk kita benahi lagi,” ujarnya.

Tim pelatih, kata dia, sudah memberikan evaluasi dan materi yang harus dilakukan para atlet agar terbiasa tampil dalam sebuah even. Misalnya, bagaimana cara mengatasi rasa tegang, kemudian fokus, lalu tata cara naik panggung, mengambil tepung magnesium, sampai melakukan angkatan.

Mengenai atlet putra, dinilai tidak ada masalah karena semua mampu melakukan angkatan dengan baik. Termasuk satu atlet mudanya yakni Joni menampilkan performa yang bagus. Kecuali satu atletnya Eko Yuli Irawan yang turun di kelas 61 Kg tidak ikut karena baru menyelesaikan ajang Olimpiade Tokyo 2021.

Kendati begitu, pihaknya berencana  kembali melakukan tes even untuk melihat progress para atlet sebelum keberangkatan ke Papua. Sedangkan mengenai target, Jeffry optimistis dapat membawa pulang tiga medali emas. (knj)

baca juga :

Baddrut Tamam: Jabatan Itu Bagai Duduk di Pundak Rakyat, Maka Kebutuhannya Harus Diperjuangkan

gas

Komisi C: Fungsi Terminal di Surabaya Harus Dioptimalkan agar Lebih Ramai

22 Mei, Pasien Positif Corona di Gresik Bertambah 27 Orang

Redaksi Global News