Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Telah Kantongi Izin PIRT, Keripik Tempe Sulasmi Terjual hingga Bali

Sulasmi memamerkan keripik tempe hasil produksinya.

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Tempe adalah makanan khas masyarakat yang berbahan dasar kedelai. Bahkan tempe telah menjadi lauk pendamping nasi yang sulit digantikan, termasuk bagi warga masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya.

Tempe pun selanjutnya diolah menjadi aneka camilan yang gurih dan renyah. Salah satunya keripik tempe hasil produksi Sulasmi, ibu rumah tangga asal Desa Pilangsari, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Sulasmi menuturkan, usaha keripik tempe dimulai dan dirintis saat virus covid-19 mulai merebak, yakni pada akhir Tahun 2019 lalu. “Ya awalnya dulu belajar dari teman yang mengantar anak sekolah,” kata Sulasmi.

Awalnya Sulasmi mempraktikkan untuk dikonsumsi sendiri. Ternyata keripik tempe yang ia buat disukai oleh tetangga sekitar dan kerabatnya. Lalu berkembang dan mulai dipesan untuk camilan dalam acara hajatan tahlil.

Tampaknya tempe Sulasmi mendapat respon bagus dan sejak itu dia mulai fokus untuk memproduksi dan menjual keripik tempe dalam skala yang lebih besar.

Dia kemudian aktif menggali informasi tentang cara mendaftarkan produk untuk mendapatkan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). “Setelah melengkapi kebutuhan dan persyaratan, alhamdulillah produk saya sudah memiliki izin resmi dari pemerintah,” tuturnya.

Tak hanya laris manis dalam lingkungan lokal, saat ini produk keripik tempe buatan ibu rumah tangga tersebut sudah dipasarkan keluar kota dalam jumy yang cukup besar,, dari Surabaya, bahkan hingga ke Bali.

Dalihnya, karena keripik tempe buatannya tahan hingga satu bulan. “Jadi saya berani mengirim pesanan hingga keluar kota,” tandasnya. Tak hanya itu, produksi keripik tempe yang hanya dilakukan di rumah itu juga laris manis dititipkan di toko-toko modern yang ada di Bojonegoro.

Keripik tempe yang renyah dan gurih itu bisa dipesan di rumah produksi Sulasmi, yang beralamat di Desa Pilangsari RT 16 RW 04 Kecamatan Kalitidu. Atau bisa menghubungi nomor 085232665589 juga akun Facebook atas nama Batanan Batanan Indah. (ins, boe)

baca juga :

Dorong Ketahanan Pangan, Walikota Blitar Santoso Serahkan Bantuan Alsintan

Redaksi Global News

Semangati Penyandang Disabilitas, Pemkot Surabaya Beri Bantuan Motor Modifikasi Roda Tiga

Redaksi Global News

Pengobatan Ningsih Tak Masuk Kategori Layanan Kesehatan

Redaksi Global News