Global-News.co.id
Madura Utama

Tahlil dan Doa Untuk Ibunda Bupati Baddrut Tamam Digelar di 50 Masjid dan Pesantren


PAMEKASAN (DutaJatim.com) – Tahlil dan doa bersama atas meninggalnya ibunda Bupati Pamekasan Baddrut Tamam Nyai Hj Maftuhah Jufri digelar di berbagai tempat. Bukan hanya di Pendopo Ronggosukowati yang dilakukan Pemkab Pamekasan secara virtual, namun juga digelar di puluhan masjid dan musolla.

Tidak hanya di Pamekasan, tahlil dan doa bersama itu juga digelar di masjid yang di bawah naungan sejumlah pesantren di Kabupaten Sumenep, Sampang, dan Bangkalan. Bahkan juga digelar oleh sejumlah pondok pesantren yang ada di luar Madura.

“Semua laporannya ada sekitar 50 masjid dan pondok pesantren yang antusias melaksanakan tahlil bersama dan sebagian dilaksanakan secara virtual untuk mendoakan ibunda bapak Bupati Pamekasan,” kata Arif Firmansyah Kabid Pengelola Media dan Komunikasi Diskominfo Pamekasan, Sabtu (7/8/2021).

Semasa hidupnya, kata Arief, almarhumah Nya Hj Maftuhah dikenal dengan sosok nyai yang alim, santun, dan murah senyum. Tak mengherankan bila puluhan pondok pesantren dan masjid di Madura dan luar Madura khususnya di Jawa Timur ikut mendoakan kepergian almarhumah.

Meski dermikian, Arif menegaskan bahwa pelaksanaan tahlil dan doa bersama diberbagai tempat itu tetap harus menghindari terjadinya penumpukan massa sebagai upaya memutus penyebaran covid-19. Karena itu ada sebagian lokasi tahlil dan doa bersama digelar secara virtual, seperti yang dilaksanakan di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

“Untuk daerah Pamekasan dan Sumenep terdapat sekitar 35 pondok pesantren dan masjid yang melaksanakan tahlil dan doa bersama untuk almarhumah. Demikian juga di beberapa titik di Sampang dan Bangkalan. Bahkan, doa untuk ibunda Bupati Pamekasan tersebut juga terlaksana di luar Madura,” ungkapnya.

Antusiasnya masyarakat dan para tokoh berpartisipasi menggelar tahlil dan doa bersama, lanjut Arief, tetap harus mematuhi protocol kesehatan covid-19 serta aturan kesehatan lain.

“Karena itu kami menghimbau kepada masyarakat yang mengikuti tahlil bersama dimanapun tempatnya tetap mematuhi protocol kesehatan,’’ pintanya.

Tahlil dan doa bersama untuk Nyai Hj Maftuha akan digelar selama satu minggu sejak hari petama meninggalnya almarhumah, Jumat (6/8/21) hingga hari ketujuh Kamis (12/8/21).

Almarhumah Nyai Hj Maftuhah Binti KH Djufri Marzuqi wafat di usianya yang ke 72 tahun, Jumat (8/8/221) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Jenazah dimakamkan di pemakaman keluarga di kompleks Pondok Pesantren Az Zubair Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Pamekasan. (mas)

baca juga :

Tes Swab, Dua Anak 9 Tahun di Rembang Blitar Positif COVID-19

15 Provinsi Laporkan Nihil Kasus Corona

Redaksi Global News

Disentil Jokowi, Sri Mulyani Bela Terawan dan Tegaskan Tanggung Jawab Anggaran Tidak Hanya di Kemenkes

Redaksi Global News