Global-News.co.id
Sport Utama

Songsong Porprov 2022, KONI Kab Probolinggo Tes Fisik dan VO2Max Atlet

KONI Kab Probolinggo menggelar tes fisik dan VO2Max.

PROBOLINGGO (global-news.co.id) – KONI Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Ahli Gizi Puslatda KONI Jatim dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
menggelar tes fisik dan pengukuran VO2Max bagi atlet cabang olahraga (cabor), Minggu (22/8).

Upaya yang dilakukan itu Sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur Tahun 2022 mendatang. Tes fisik dan pengukuran VO2Max yang dilaksanakan di lapangan Diklat Dringu itu diikuti 125 orang atlet dari berbagai cabor yang berpotensi medali.

Selama pelaksanaan para atlet dipandu supervisi dari Unesa dan pelatih yang sudah diberi workshop pada Sabtu (21/8) di ruang pertemuan Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo.

Materi tes meliputi pengukuran tinggi badan (TB) dan berat badan (BB), antropometri, flexibility (S&R), vertical jump, grip strenght, expanding, leg dynamometer, stork stand, shuttle run, standing board jump, push up, sit up, sprint (30 m), recovery, VO2Max dan recovery.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo, Chalid Abubakar, mengungkapkan secara umum atlet yang disiapkan untuk Porprov 2022 ini dilakukan dengan penerapan sport science. Artinya dari berbagai disiplin ilmu itu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan prestasi atlet.

Chalid menerangkan ratusan atlet yang mengikuti tes fisik dan pengukuran VO2Max ini merupakan wakil dari berbagai cabor yang memiliki prediksi bisa meraih medali dalam Porprov 2022. “Artinya cabor  individual dan beregu yang memiliki potensi yang sangat baik,” tuturnya.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi Porprov 2022 mendatang.

“Dengan test fisik dan pengukuran VO2Mazx ini kita bisa mengetahui lebih awal atlet kita. Tentu itu menjadi modal yang baik bagi kita untuk mempersiapkan atlet yang akan turun di Porprov 2022 agar bisa meraih medali. Sesuai target kita harapannya Kabupaten Probolinggo bisa masuk peringkat 15 hingga 10 besar,” katanya.

Menurut Sugeng, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi atlet Kabupaten Probolinggo. Standart kadar VO2Max yang baik bagi laki-laki antara 42,5-46,4 ml/kg/menit dan perempuan 33-36,9 ml/kg/menit. “Kalau lebih dari itu akan sangat bagus. Apabila di bawah standart maka perlu latihan fisik dengan baik,” ujarnya. (ins, oli)

baca juga :

Pemkot Surabaya Bersama TNI-Polri Gelar Patroli Keliling

Warga Gresik Diimbau Waspadai Kebakaran

Redaksi Global News

Penuhi Kebutuhan Ramadan 1443 H, Bank Indonesia Jatim Siapkan Uang Tunai Rp 12 Triliun

Redaksi Global News