Global-News.co.id
Nasional Utama

Sejumlah Aturan Dilonggarkan Selama Perpanjangan PPKM Jawa – Bali

Uji coba pembukaan mal akan dilakukan di wilayah PPKM Level 4 seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Pemerintah memutuskan memperpanjang penerapan PPKM Berlevel di Pulau Jawa-Bali hingga Senin (16/8/2021). Meski demikian, ada beberapa pelonggaran aktivitas yang diberikan.

“Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal atau pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali dalam Konferensi Pers Virtual mengenai Evaluasi dan Penerapan PPKM Jakarta, Senin (9/8/2021).

Guna mendukung uji coba pembukaan sektor pusat perbelanjaan tersebut, pemerintah melonggarkan sejumlah aturan. Berikut sejumlah aturan yang dilonggarkan selama PPKM Level 4 di Jawa-Bali hingga 16 Agustus:

1. Pembukaan pusat perbelanjaan atau mal yang sebelumnya dilarang beroperasi selama PPKM kini akan mulai dibuka. Uji coba pembukaan mal akan dilakukan di wilayah PPKM Level 4 seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen.

Untuk bisa masuk ke dalam mal, pengunjung harus sudah divaksinasi dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Anak umur di bawah 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun juga dilarang untuk masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Meski boleh buka, jam operasi mal hanya dibolehkan sampai pukul 20.00 waktu setempat.

2. Bisa 100 persen WFO di sektor eskpor. Aturan untuk industri esensial berbasis ekspor di beberapa kota di level 4 dapat menerapkan 100 persen bekerja dari kantor atau work from office (WFO) dengan membagi minimal dua shift kerja.

3. Pembukaan tempat ibadah selama PPKM Level 4 di Jawa-Bali, warga dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang.

Luhut mengklaim pelaksanaan PPKM Darurat dan Level 4 selama kurang lebih satu bulan terakhir mampu menurunkan penyebaran Covid-19 di Jawa dan Bali.

Dia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dia juga mengatakan masyarakat masih harus memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19 sampai beberapa tahun ke depan.

Perlu diketahui, pemerintah masih mencatat mencatat ada 45 kabupaten kota di Jawa dan Bali yang masuk pada PPKM Level 4. Lalu, 302 kabupaten kota termasuk dalam Level 3 sedangkan sisanya 39 termasuk kategori Level 2.  jef, tri

baca juga :

Bakti Kesehatan di Masjid Cheng Ho Dipantau RS Chaoyang Beijing

gas

Bencana Lagi, Bupati Minta Warga Waspada Antisipasi Dini

gas

Piala Presiden 2022: Enam Klub Lolos ke Perempat Final