Global-News.co.id
Madura Utama

Pemkab Tetapkan 4 Mahasiswa Penerima Beasiswa Kedokteran


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam tahun 2021 memberikan beasiswa kepada empat mahasiswa asal bumi Gerbang Salam jurusan kedokteran di Universitas Airlangga Surabaya.

Sebelumnya, ada 20 putra putri terbaik Pamekasan yang ikut seleksi jurusan kedokteran di universitas ternama tersebut. Namun, dari jumlah itu, ada empat orang di antaranya lolos dan berhasil meraih beasiswa dari pemerintah kabupaten (pemkab).

Beasiswa tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten dengan tujuan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Pamekasan agar mampu bersaing di masa-masa yang akan datang.

“Program beasiswa untuk putra putri terbaik Pamekasan yang bisa diterima di Universitas Airlangga Surabaya, dari 20 orang yang ikut seleksi, 4 orang yang diterima dan itu nanti yang kita fasilitasi,” terang Kabag Kesra Pemkab Pamekasan, Halifaturrahman, Kamis (26/8/2021).

Pemkab Pamekasan tahun ini akan membiayai empat orang calon dokter masing-masing untuk biaya pendidikan awal sebesar Rp 300 juta dan biaya semester sebesar Rp 15 juta. Beasiswa itu akan diberikan hingga mereka lulus. Sementara untuk biaya praktik dan biaya hidup mereka masih dalam tahap kajian melihat kemampuan APBD Pamekasan.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa memprogramkan untuk biaya hidupnya. Tetapi yang terpenting itu kan biaya pendidikannya selama mengenyam pendidikan di fakultas kedokteran Unair,” tandasnya.

Dia menegaskan, para penerima beasiswa dari pemerintah daerah itu setelah lulus wajib mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat Pamekasan sesuai dengan cita-cita Bupati Baddrut Tamam dalam membantu meraih cita-cita mereka menjadi seorang dokter.

“Namanya dibiayai oleh Pemkab Pamekasan, tentunya kita harapkan bisa mengabdi untuk Kabupaten Pamekasan,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Perpanjangan Kontrak Tak Sepakat, Benzema dan Real Madrid Resmi Berpisah

Wawali Mojokerto Pilih Bungkam, Wali Kota Mengalir Saja

Bandrol Teman Rp 800 Ribu di FB, Gadis 20 Tahun Diringkus Polisi

Redaksi Global News