Global-News.co.id
Madura Utama

Meriahkan Agustusan dengan Lomba Adzan dan Puisi Virtual

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Menyambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dilakukan dengan cara yang beragam, termasuk yang dilakukan Karang Taruna (Kartar) Jaya Bhakti Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kadur Kabupaten Pamekasan. Karang Taruna ini menumbuhkan jiwa  Nasionalisme melalui Gotong Royong Warga untuk bekerjasama dalam mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (protkes) Covid-19.

Menurut Ketua Karang Tarunan Jaya Bhakti Desa Bungbaruh Khoyrul Umam Syarif, HUT RI ke-76 memang seharusnya diperingati oleh setiap warga, meskipun dalam keadaan wabah Covid-19, tidak lantas mengendurkan semangat untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raga untuk meraih kemerdekaan.

“Situasi Covid-19 belum juga tuntas pada peringatan HUT RI ke-76, namun semangat gotong royong dari warga, khususnya para pemuda di desa kami terus kami dorong,”paparnya, Minggu (22/8/2021).

Lulusan Universitas Islam Malang (UNISMA) tersebut menjelaskan, rangkaian dalam memperingati kegiatan dikemas dengan tidak melibatkan orang banyak, di antaranya lomba pembuatan gapura di setiap dusun, lomba Pembuatan Tumpeng yang pengerjaan di masing-masing dusun dengan peserta terbatas, Lomba Pembacaan Puisi secara virtual, Lomba Adzan Secara Virtual, dan ditutup dengan seminar kebangsaan yang dilakukan secara daring oleh semua pemuda, dengan tujuan meningkatkan optimisme semua warga, sehingga bisa terus bergerak maju dalam memajukan desa.

“Pada prinsipnya kami ingin tetap merayakan HUT RI dengan penuh khidmat  meskipun terkendala jarak dan waktu,”ulasnya.

Ditegaskan Umam Syarif, wujud kepedulian, dorongan patriotisme kepada para pemuda, dan rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia harus terus diusahakan dengan maksimal, sehingga tidak timbul perpecahan tapi saling merekatkan, tidak saling memojokkan tetapi saling merangkul dan tidak saling mengkerdilkan, dan tidak saling menjatuhkan, yang pada muaranya bisa tercipta masyarakat yang adil dan makmur.

“Jiwa nasionalisme harusnya sudah melekat mulai dari sejak lahir bumi Indonesia, semangat itulah yang akan memperkokoh terhadap semakin terpandangnya Negara kesatuan republik Indonesia dimata dunia,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan A. Fauzi M, sangat mengapresiasi para pemuda yang terus semangat dalam memperingati HUT RI ke 76, sehingga pihaknya akan terus mendorong berbagai kegiatan pemuda didesanya. “Mengisi HUT RI ke 76 dengan kegiatan positif sangat perlu sekali,” tukasnya. (mas)

baca juga :

Bomber Tim Belum Cetak Gol, Pelatih Persib Tak Khawatir

Redaksi Global News

Permudah Perizinan di Surabaya, Diskominfo Luncurkan SSW Alfa

Redaksi Global News

Denda Rp100 Juta Diusulkan bagi Paslon Pelanggar Protokol COVID-19

Redaksi Global News