Global-News.co.id
Koperasi dan UKM Mataraman Utama

Maksimal Perajin melalui Wadah Usaha Craft dan Rajut

Lilis Sri Hindarti pose di depan karya-karyanya.

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Berbagai langkah dilakukan guna mendorong dan memaksimalkan suatu usaha. Lilis Sri Hindarti adalah di antara warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro yang melakukan hal itu dengan mendirikan Bhinelish Craft dan Rajut.

Wadah usaha yang digagasnya itu sebagai salah satu langkah memaksimalkan perajin rajut di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. Harapannya wadah usaha itu mampu mendorong ekonomi perajin di desa tersebut.

Bhinelish Craft dan Rajut didirikan tahun 2011 setelah melihat banyak potensi warga yang punya keterampilan membuat rajut. “Saya terinspirasi membuat sebuah usaha untuk menyejahterakan kehidupan sosial ekonomi masyarakat,” ucap Lilis, Jumat (20/8).

Lilis mengatakan, selain sebagai peluang usaha, Bhinelish Craft dan Rajut berusaha menciptakan produk-produk unggulan kreasi rajut agar bisa bersaing di pasar. Selain itu berinovasi menciptakan kreasi desain produk yang bermanfaat bagi konsumen.

Wadah usaha Bhinelish Craft dan Rajut kini memproduksi berbagai jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar benang yang berkualitas sehingga produknya selalu spesial. Seperti produk tas yang berukuran besar menggunakan benang nilon propilen dengan tekstur benang yang ringan dan lembut.

“Sehingga tas yang diproduksi tetap ringan meskipun dengan ukuran yang besar. Produk kami buat selalu unik dan elegan karena menggunakan jenis benang yang sesuai dengan produk yang akan dibuat,” ujar Lilis.

Beberapa bentuk kerajinan rajut yang dihasilkan antara lain tas, dompet, sepatu, peci, gantungan kunci, bros, taplak meja, sarung bantal, kotak tisu serta aneka suvenir.

Dari hasil usaha yang ditekuni selama 10 tahun, sebelum masa pandemi mampu meraup untung Rp 2 juta hingga Rp 5 juta perbulan. Kini, usaha terdampak pandemi, namun Bhinelish Craft dan Rajut terus berkembang agar bisa menarik pembeli terutama pasar domestik.

“Untuk domestik biasanya kita menerima pesanan dulu dari kastemer, serta menitipkan produk di galeri Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro,” tuturnya.

Produk Bhinelish Craft dan Rajut bisa diperoleh melalui nomor 081357348932 atau dapat mengunjungi ke alamat FB Lilis Bhinelish Rajut serta alamat Ig bhinelistrajut_bjn. “Bisa juga mengunjungi langsung ke alamat rumah Desa Klepek RT 3 RW 1 Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro. (ins, boe)

baca juga :

Kechinaan-Keindonesiaan Kita Sudah Menyatu

gas

Tiongkok Diprediksi Akan Alami Gelombang Kedua COVID-19

Redaksi Global News

Jadi Saksi Kasus Pembobolan Kartu Kredit, Gisel dan Tyas Mirasih Penuhi Panggilan Polisi

Redaksi Global News