Global-News.co.id
Madura Utama

Bupati Apresiasi Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Warga

Lurah Barkot A. Dhafir Rasidi serahkan MoU ke Kadis Dukcapil Ahmad Faisal, disaksikan Bupati Baddrut Tamam dan pejabat lain.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota (Barkot) Kecamatan/Kabupaten Pamekasan menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil), untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya.

Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi, mengatakan, pihaknya melakukan pelayanan dengan jemput bola untuk administrasi kependudukan bagi warganya.

Seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian, dalam memberikan fasilitas layanan yang gampang.

Sebelumnya, warga Kelurahan Barkot harus datang ke kantor Disduk Capil dengan sejumlah persyaratan, dan melalui beberapa loket. Lewat program ini warga cukup di rumah saja. Administrasi kependudukan akan diurus pihak kelurahan tanpa dipungut biaya.

“Misalnya akta kematian, setiap ada orang yang meninggal, kami datang ke rumah duka untuk takziyah. Kami terbitkan surat kematian dan menguruskan persyaratannya. Begitu juga akta kelahiran, kami akan datang ke rumahnya sambil melihat anak yang baru lahir tersebut, kemudian kami juga akan minta persyaratannya,” terangnya.

Program ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Selain itu, keinginan untuk membantu warga yang sedang berduka melalui tupoksinya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

“Setelah akta kematian itu selesai di Disduk Capil, kami ambil dan diantarkan ke rumah warga langsung akta kematian tersebut berikut KK yang baru. Layanan ini kami ingin membantu dan memudahkan masyarakat,” tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, mengapresiasi program mulia tersebut yang tentu melalui pemikiran panjang di tingkat keluharan. Mulai kondisi sosialnya, hingga beberapa kemungkinan dari program itu.

“Semoga program ini bisa menginspirasi kepada yang lain. Tentu program ini sudah melalui diskusi panjang terhadap beberapa kemungkinan. Saya sampaikan terimakasih kepada Pak Lurah dan seluruh jajarannya,” tutur Mas Tamam, panggilan akrab Bupati Pamekasan. (mas)

baca juga :

Waspadai Benjolan, 70% Penderita Kanker Payudara ke RS dengan Stadium Tinggi

Redaksi Global News

Maknai Hari Santri, Lesbumi Jatim Gelar Konser Seni Budaya dan Rayakan Sumpah Pemuda

Redaksi Global News

Nicolas Cage Menantikan Anak Pertama dari Istri Kelima

Redaksi Global News