Global-News.co.id
Gaya Hidup Tapal Kuda Utama

Jember Gelar Pameran Artefak Meteorit Pertama

Bupati Jember membuka Pameran Artefak Meteorit

JEMBER (global-news.co.id) – Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto membuka Pameran Artefak Meteorit. Gelaran Pemerintah Kabupaten Jember menggandeng Yayasan Jember Fashion Carnaval (JFC) itu dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Pendopo Wahyawibawagraha, Sabtu (28/8).

Presiden JFC, Budi Setiawan, menyebut pameran artefak meteorit bertajuk ‘Keagungan Peradaban Nusantara’ ini adalah yang pertama di dunia dan diselenggarakan di Kabupaten Jember.

Iwan, sapaan akrab Budi Setiawan menjelaskan, pameran kali ini dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Dalam pameran kali ini ada 76 artefak meteorit yang ditampilkan terdiri dari tandu perang, baju zirah, beragam mahkota, terompah, lempengan batu meteorit, sabuk, kalung, berbagai senjata beragam ukuran serta  lainnya.

“Satu fakta yang kami lihat dan rasakan bahwa ragam, bentuk dan ukuran artefaknya memang di luar nalar kita yang saat ini kita semua berada di dunia modern,” ungkap Iwan. Semua ini merupakan bukti kuat adanya wujud metalurgi yang luar biasa terbuat dari campuran meteorit.

Salah satu penampil dalam pembukaan pameran

Sedangkan Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan, kegiatan ini merupakan penyemangat sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

“JFC saat ini menggugah kita bahwa sejarah luar biasa dimiliki Indonesia, tidak ada hari ini jika tidak ada hari kemarin. Artinya ada peradaban masa lalu sedahsyat seperti ini, maka kita di masa modern harus lebih dahsyat lagi (dalam inovasi), kita harus terus lebih baik dari kemarin,” ungkap Bupati Hendy.

Pameran Artefak Meteorit menjadi awal yang dahsyat bagi kemajuan Kabupaten Jember. “Ini harus dijadikan motivasi kita terlebih saat ini berada di tengah pandemi Covid-19, tunjukkan bahwa kita bangsa yang kuat, tangguh dan pandemi Covid-19 ini tidak menjadi penghalang dalam berinovasi,” pesannya.

Pameran ini dibuka dengan penampilan JFC Marching Band and talent, serta penampilan Linkrafin. Selain itu juga diisi  webinar yang menghadirkan pembicara nasional dan mancanegara. (ins, ebe)

baca juga :

Ulama dan Santri Madura Galang Tanda Tangan Dukung Khofifah Cagub Jatim

Gubernur Jatim Sambut Investasi Korea Senilai Rp 6,9 Triliun

Redaksi Global News

Jacksen Lupakan Kekalahan Tim, Fokus Hadapi Madura United

Redaksi Global News