Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Festival Majapahit 2021, BI Jatim dan Pemerintah Daerah Gelorakan Bangga Buatan dan Wisata Indonesia

Kegiatan Festival Majapahit 2021 diresmikan secara daring oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi melaksanakan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI). Pada pelaksanaannya Agustus 2021 ini, Jawa Timur menjadi tuan rumah BBI dan BWI dengan mengangkat tema Lokal Keren Jatim.

Guna mendukung pengembangan UMKM, pariwisata dan ekonomi syariah yang berkelanjutan, Bank Indonesia bersinergi  dengan Pemprov Jatim, pemkab/pemkot serta instansi strategis lainnya menyelenggarakan berbagai program BBI dan program flagship (unggulan) lainnya di masing-masing wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Timur yang akan dimulai pada Agustus hingga Desember 2021.

Salah satu rangkaian kegiatan flagship gerakan BBI Jawa Timur dalam pengembangan pariwisata adalah Festival Majapahit 2021 yang dilaksanakan pada 25 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia Jawa Timur dan Pemkot Mojokerto untuk mendorong pariwisata berbasis budaya dan sejarah Majapahit.

Kegiatan Festival Majapahit ini diresmikan secara daring oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia dan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf Kemenparekraf Ir  Rizky Handayani.

Kepala Kanwil BI Jatim Budi Hanoto menyampaikan bahwa rangkaian acara ini merupakan bentuk nyata dukungan BI pada pengembangan produk UMKM lokal dan wisata bertemakan Lokal Keren Jatim atau #LokalKerenJatim. “Acara ini merupakan wujud nyata peran BI dalam mengembangkan produk UMKM unggulan serta mendorong pariwisata khususnya wisata berbasis sejarah dan budaya Mojopahit,” ucap Budi.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan harapannya agar dengan terselenggaranya acara ini bisa menumbuhkan perekonomian di Jatim khususnya pada bidang pariwisata.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan, atas melimpahnya kekayaan Majapahit maka mengaplikasikannya menjadi bentuk Wisata Bahari Majapahit yang didukung dengan pembangunan infrastruktur daerah ciri khas Majapahit.

Untuk itu, meski terhalang pandemi, pelaksanaan Festival Majapahit secara virtual ini tidak mengurangi nilai dari melimpahnya warisan budaya Majapahit yang disuguhkan dalam sebuah festival budaya. “Dengan adanya festival ini kami harap bukan hanya menarik wisatawan, melainkan juga menanamkan nilai luhur budaya yang akan melekat dalam diri masyarakat. Sehingga masyarakat akan tertarik untuk datang lagi dan datang lagi” harap Ika.

Sementara itu sebagai penanda dilaksanakannya kegiatan flagship Bank Indonesia hingga akhir Desember, akan diselenggarakan kegiatan Kolaborasi Semarak Gerakan BBI dan Road to KKI pada 27 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM khususnya di bidang digital.

Dalam acara tersebut akan dilaksanakan National Webinar dengan tema “Digitalisasi UMKM dan Mindset Swift UMKM Memasuki Pasar Digital” yang diikuti oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri, kementerian/lembaga, dinas/instansi strategis tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, serta pelaku UMKM.

Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan pelaksanaan kegiatan Geber UMKM Sekarkijang oleh Kantor Bank Indonesia Jember. Kegiatan tersebut berupa webinar dengan tema Turn Crisis Into Opportunity, Business Coaching : Kiat Menembus Pasar Ekspor di Masa Pandemi, Virtual Business Matching, Virtual Exhibition.

Berbagai kegiatan flagship ini diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan yang berdampak pada kemajuan UMKM dan Pariwisata di Jawa Timur serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat dan optimiste masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. tis

baca juga :

GLOBAL NEWS Edisi 290 (1-7 April 2021)

Titis Global News

Jalur KA Terputus di Porong, Pemprov Jatim Siagakan Pompa Air dan Dapur Umum

Redaksi Global News

Jokowi Persilakan Gugat UU Ciptaker ke MK, Pengamat Ingatkan untuk Hati-hati

Redaksi Global News