Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Disnakertrans – BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jatim Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Disnakertrans Provinsi Jatim bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim menyelenggarakan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Kantor Disnakertrans Jatim Jalan Dukuh Menanggal Surabaya, Jumat (6/8/2021).

 

SURABAYA (global-news.co.id) –  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim menyelenggarakan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Kantor Disnakertrans Jatim Jalan Dukuh Menanggal Surabaya, Jumat (6/8/2021). Kegiatan digelar sebagai wujud berbagi dan peduli terhadap sesama sekaligus memeriahkan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus mendatang.

Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Disnakertrans Jatim dan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim. Tercatat sebanyak 54 orang yang telah melakukan donor darah, dan 28 orang yang mendaftar untuk donor plasma konvalesen.

Kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini mendapat perhatian khusus dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berkesempatan meninjau langsung pelaksanaannya.

Setibanya di lokasi, Gubernur Khofifah langsung disambut oleh Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo dan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Deny Yusyulian. Selanjutnya, Khofifah langsung melihat alur atau proses seperti pendaftaran, screening kesehatan, dan proses donor. Orang nomor satu di Jatim ini juga menyapa para pendonor dan juga tenaga kesehatan.

Usai meninjau, Khofifah menyampaikan apresiasi, penghargaan dan juga terima kasih kepada siapapun yang berkenan melakukan donor darah . Dan juga kepada para penyintas Covid-19 yang berkenan memberikan donor plasma konvalesen.

Menurutnya, harapan untuk bisa mendapatkan plasma konvalesen bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 sangat tinggi. Di mana para pasien biasanya juga memiliki sugesti dan harapan tinggi untuk bisa sembuh ketika mendapatkan donor plasma konvalesen.

“Oleh karena itu seberapapun, siapapun,  di manapun yang punya komitmen untuk menginisiasi donor darah dan donor plasma konvalesen ini kita patut memberikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada mereka yang pertama, sudah mau donor darah dan kedua, yang sudah penyintas mereka mau melakukan donor plasma konvalesen,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan donor plasma konvalesen ini masih cukup tinggi. Dirinya pun masih sering menerima informasi yang tersebar baik dari grup aplikasi percakapan maupun telepon yang menginformasikan dibutuhkannya  plasma konvalesen dari berbagai jenis golongan darah.

Untuk itu, ia mengajak kepada masyarakat terutama para penyintas Covid-19 untuk mau melakukan donor plasma konvalesen demi menyelamatkan nyawa sesama yang sedang berjuang melawan Covid-19. Dengan begitu, diharapkan angka kematian akibat Covid-19 bisa ditekan dan angka kesembuhan meningkat.

Ke depan, mantan Menteri Sosial RI ini juga berharap makin banyak pihak-pihak yang menginisiasi diselenggarakannya kegiatan donor darah dan juga donor plasma konvalesen ini.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo mengatakan melalui kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen ini ia mengajak para penyintas Covid-19 untuk bersyukur karena telah sembuh dengan membantu sesama. Selain itu, untuk pendonor yang gagal screening untuk plasma konvalesen, bisa dialihkan untuk melakukan donor darah biasa.

“Donor itu kan soal keteguhan hati, ada yang berani ada yang tidak. Tapi bila ada yang datang dan tidak lolos screening konvalesen karena syaratnya memang banyak sekali, bisa melakukan donor darah biasa,” katanya.

Himawan mengatakan, ke depan Disnakertrans Jatim bersama BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim berencana menyelenggarakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen secara rutin, yakni dua bulan sekali. fan

baca juga :

Pura-Pura Tidur Buat Pemulangan Eks Gafatar Molor

Redaksi Global News

Peringati HPN Ke-75, PWI Tuban Gelar Donor Darah dan Baksos

gas

PKB Resmi Berikan Rekom ke Machfud Arifin di Pilkada Surabaya

gas