Global-News.co.id
TNI

Satgas TMMD di Ajari Cara Permentasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Gresik,- Ditengah sibuknya pekerjaan pada TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0817/Gresik di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik namun satgas TMMD selalu menyempatkan diri untuk menjalin keakraban dengan warga sekitar, selain itu mereka juga membatu warga yang sedang kesulitan dalam aktivitasnya.

Peningkatan produksi hijauan makanan ternak dibatasi oleh kecendrungan makin sempitnya lahan akibat jumlah penduduk yang selalu bertambah dan perluasan lahan pertanian. Untuk itu pemanfaatan limbah pertanian untuk pakan ternak dapat menjadi solusi masalah ini, yaitu dengan dilakukan proses fermentasi jerami.

Seperti yang dilakukan Sertu Supriyanto disela waktu istirahatnya, ia membantu Ngatmi (51) warga dusun Bejan Desa Siwalan menjemur gabah ditanah kosong sebelah rumahnya. Gabah yang dikeringkan kemudian akan dibawa kepenggilangan padi. Selasa (6/07/2021).

Selain menjemur gabah, tampak terlihat disekelilingnya terdapat tumpukan jerami, tanpa sungkan anggota satgas pun bertanya mengenai kegunaan jerami padi milik Ngatmi, kemudiaan ia menjelaskan jika jerami tersebut sebagai persedian untuk pakan sapi dan supaya awet perlu difermentasi.

“Saat panen padi saya selalu membawa jerami,karena sekarang susah cari rumput. Jadi jerami selain yang hijau langsung untuk pakan sapi dan yang lain jeraminya saya tumpuk supaya kering,” tutur Ngatmi.

Setelah selesai berbincang-bincang, anggota satgas pun berpamitan untuk melanjutkan pekerjaannya dan warga pun menyampaikan terimakasih dan mengatakan dengan adanya TMMD sangat berterimakasih karena nantinya saat dia panen tidak kesulitan membawa hasil panennya.

baca juga :

Mukiyah Senang Rumahnya Sudah Selesai Diperbaiki Satgas TMMD

Titis Global News

Kepedulian Satgas TMMD dengan Bajak Ladang

Pelaksanaan TMMD Gresik Prokes Selalu Diutamakan

gas