Global-News.co.id
TNI

Pandemi Covid-19, Petani di Siwalan Budidaya Tanaman Lokal

Serda Endra S, anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0817/Gresik melaksanakan pendampingan panen Timun di perkebunan sayur Hj. Zulaiqah di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Senin (05/07/21) pagi.

Dalam proses panen sayuran timun tersebut, Serda Endra bersama Petani tanpak kelihatan semangat saat memetik buah timun. Masyarakat sangat senang dengan adanya TNI melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang terjun langsung membantu para petani memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Ini panen perdana, dengan adanya bimbingan bapak bapak TNI lebih khususnya lagi pak Babinsa kami petani disini benar benar sangat terbantu, apalagi ditambah bantuan mesin pertanian dari bapak TNI, pengelolaan pertanian sayur kami disini bisa jadi cepat,” ujar Hj. Zulaiqah salah seorang dari petani.

Sadikin mengatakan, bercocok tanam sayur terutama timun menjadi andalan penduduk desa disamping jagung, cabe, dan kacang tanah. Petani yang telah bertanam timun sejak satu tahun belakangan itu menyebutkan pasar timun asal Desa Cisaat tidak hanya ke Kecamatan Campaka Saja, tapi sudah merambah ke ibukota kabupaten. 

“Dengan ukuran 15-18 centimeter ditambah lagi rasa lebih manis timun asal Desa Cisaat juga banyak dipasok ke Pasar Induk tradisional yang ada di Jawa Barat. Pemasarannya alhamdulilah lancar,” pungkasnya.

baca juga :

Program TMMD 111 Sebagai Pendongkrak Perekonomian Masyarakat Desa Terpencil

gas

Pondasi Yang Kuat Menentukan Kokoh Tidaknya Dalam Membangun Sebuah Rumah

gas

Omset Penjual Gorengan Naik Pasca Adanya TMMD

gas