Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Khofifah Tunjuk Kadinkes Jatim Pimpin Rumpun Vaksinasi

dr Herlin Ferliana

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membentuk rumpun vaksinasi dan menunjuk Kepala Dinas Kesehatan Jatim, dr Herlin Ferliana sebagai koordinator. Rumpun vaksinasi ini dibentuk sebagai upaya pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity sekaligus pengendalian terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah Jatim.

“Sekarang ini vaksinasi merupakan kerja besar dan tidak sederhana,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (28/7/2021).

Dengan demikian saat ini pada Satgas Penanganan Covid-19 Jatim terdapat lima rumpun dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk mengendalikan serta mencegah virus corona. Empat rumpun sebelumnya, yakni rumpun promotif yang mengurusi masalah logistik di bawah komando BPBD Jatim dan rumpun tracing dan testing di bawah kendali dr Kohar Hari Santoso.

Kemudian, rumpun kuratif yang dikoordinatori dr Joni Wahyuhadi, serta rumpun dampak sosial ekonomi yang dikendalikan oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Menurut Khofifah, tugas rumpun vaksinasi nantinya melakukan distribusi vaksin ke semua daerah, lalu memetakan daerah mana yang membutuhkan dan vaksinnya jenis apa.

Tentang ketersediaan vaksin, Gubernur menyampaikan masih aman karena tiba di Jatim dua kali dalam sepekan. “Semisal datang hari ini, maka besok langsung didistribusikan ke daerah sesuai kebutuhan. Menkes juga sudah punya peta, bahwa daerah ini dosis vaksinnya Sinovac atau AstraZeneca. Intinya, stok Insyaallah aman karena tiba dua kali sepekan,” katanya.ret,nta

baca juga :

Bappeda Nganjuk Buka Musrenbang, Siapkan 14 Program Prioritas

Titis Global News

Tekan Penularan Covid-19, Pemerintah Larang Mudik Tahun Ini

Titis Global News

Siap Tampil Lagi, BCL Dedikasikan ‘12 Tahun Terindah’ untuk Ashraf

Redaksi Global News