Global-News.co.id
TNI

Aneka Kegunaan Bambu Petuk di Desa Siwalan


Gresik,- Paska panen padi musim ini warga Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik berlanjut menanam tanaman palawija, seperti kacang hijau, kedelai dan lainnya. Tidak seperti yang lain, Suwarjo (42)  memilih untuk menanam jenis sayuran yaitu kacang panjang. Menurutnya, saat ini masih turun hujan walaupun dengan intensitas rendah. Tetapi dirasa masih bisa mencukupi kebutuhan air untuk tanaman kacang panjang.

Selain itu sungai kecil disepanjang jalan pertanian yang saat dibangun oleh anggota Satgas TMMD Kodim Gresik masih ada airnya. Warjo tidak khawatir tanamannya akan kering kekurangan air, terbukti saat ini tanaman kacang panjangnya sudah tumbuh dan sudah disiapkan bilah bambu untuk lanjaran.

Terlihat Suwarjo bersama Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Gresik sedang mempersiapkan bilah – bilah bambu yang akan dipergunakan untuk lanjaran tanaman kacang panjang, Rabu (7/7/2021).

Sementara Suwarjo menjelaskan, lanjaran yang terbuat dari bilah bambu mulai sekarang harus dipersiapkan, pasalnya begitu tanaman kacang panjang sudah tumbuh sepanjang satu jengkal lanjaran harus tertancap disebelah tanaman.

“Hal itu agar batang tanaman kacang panjang capat tumbuh keatas mengikuti bilah bambu yang ditancapkan. Fungsi lain dari lanjaran agar buah kacang panjang bisa menggantung dan berkembang dengan sempurna,” jelasnya.

baca juga :

Shalat Merupakan Tiang Agama

gas

Segala Alat Tradisional Dimainkan oleh Satgas TMMD dan Warga untuk Tujuan Kesuksesan Pembangunan

Titis Global News

TMMD ke-111 Gresik Semangat karena untuk Masyarakat

Redaksi Global News