Global-News.co.id
TNI

Adanya TMMD ke-111 Dinilai Mampu Ubah Kebiasaan Warga

 

Gresik – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -111 oleh Kodim 0817/Gresik yang dilaksanakan di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik membawa perubahan mendasar di warga desa.

Khususnya Warga Desa Siwalan yang kini telah mengalami perubahan kebiasaan di rumahnya sejak masuknya TMMD ke Desa mereka. Andiono mengatakan hal tersebut kepada personel Satgas TMMD ke 111.

“Biasanya kami mengambil air bersih jauh dan hanya bawa satu buah jerigen. Kini tinggal melangkah dan buka keran sudah bisa teratasi,” kata Andiono saat tengah memasang pipa air bersama Satgas TMMD, Selasa (13/7/2021).

Kemudian Satgas TMMD, Pratu Yohan misalnya, yang selalu menyempatkan waktu luang bersama anak-anak yang ada di depannya untuk terus belajar sambil bermain tebak-tebakan matematika dasar.

“Ini semata-mata untuk meningkatkan kemauan belajar khususnya di masa pandemi seperti ini. Diharapkan walaupun masa masa sulit seperti ini harusnya tidak menjadi penghambat mereka dalam belajar,” kata Pratu Yohan.

Pratu Yohan mengungkapkan, kegiatan belajar bersama anak-anak desa akan terus dilakukan di sela-sela kegiatan TMMD 111 Kodim Gresik. “Sesempatnya dan terus ingin saya lakukan adalah mengajarkan mereka untuk terus rajin dalam belajar untuk menggapai cita-citanya kelak,” ucap Pratu Yohan.

Dalam Program TMMD ini, Kodim Gresik membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 13 unit.

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu. *

baca juga :

Hari Ke-10 TMMD, Satgas TMMD ke 111 Adakan Penyuluhan Agama

gas

Pembangunan di Segala Bidang Berhasil Dirasakan Warga karena Adanya TMMD

Titis Global News

Satgas,Warga masyarakat dan Generasi Muda Berbaur Menjadi Satu Garap TPT

gas