Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Eri Ajak Perwakilan Pendemo Ketemu Bupati Bangkalan, Pastikan Pelintas Suramadu Cukup Tunjukkan SIKM

Walikota Eri Cahyadi mengajak perwakilan pendemo bertemu Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, Senin (21/6/2021) malam.

SURABAYA (global-news.co.id) – Setelah menemui para pendemo di Balai Kota Surabaya dan dilanjutkan bertemu dengan Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, lalu Walikota Surabaya Eri Cahyadi berangkat ke Bangkalan menemui Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

Saat itu, Walikota Eri juga mengajak Ahmad Annur, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi ‘Koalisi Masyarakat Madura Bersatu’ yang melakukan demonstrasi di depan Balai Kota Surabaya. Mereka pun akhirnya bertemu di depan Gedung Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura (BPWS), Senin (21/6/2021) malam. Turut hadir dalam pertemuan itu sejumlah perwakilan Satgas Covid-19 dari dua wilayah, baik Satgas Covid-19 Bangkalan maupun Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas beberapa aspirasi para pendemo yang disampaikan di Balai Kota Surabaya. Salah satunya tentang pelintas Suramadu wajib menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) atau Surat Keterangan Sehat (SKS) di penyekatan sisi Bangkalan.

“Jadi, warga yang melintasi Jembatan Suramadu harus menunjukkan SKIM atau SKS di penyekatan atau pengecekan sisi Bangkalan,” kata Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

Dia menjelaskan, untuk SKIM atau SKS tersebut warga dapat memperoleh dari puskesmas di kecamatan masing-masing. Oleh karena itu, Abdul Latif memastikan, sebelum melintasi Suramadu, baik pengendara roda dua maupun empat diwajibkan menunjukkan SKIM atau SKS di area perbatasan sisi Bangkalan.

“Apabila pengendara tidak membawanya, maka warga diberi pilihan, mau putar balik untuk ambil SIKM atau tes antigen di lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Surabaya Eri menambahkan, apabila pengendara yang melintas Suramadu dari Bangkalan telah mengeluarkan SIKM, maka tidak perlu lagi dilakukan rapid antigen di Surabaya. “Karena dia sudah menunjukkan bukti sehat dengan memiliki SIKM atau SKS, sehingga kami pun tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan,” kata Walikota Eri.

Selain itu, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini berharap, pelaksanaan SIKM ini bisa segera diberlakukan. Tujuannya, agar masyarakat yang melintas Suramadu tidak lagi perlu tes antigen. “Maksimal dua hari ke depan peraturan ini sudah diterapkan, biar tidak terlalu lama. Jadi bisa selesai di teman-teman Bangkalan. Screeningnya pun di wilayah sisi Bangkalan,” urainya.

Di momen itu, koordinator lapangan (korlap) aksi Ahmad Annur menegaskan, dirinya bersama masyarakat lain siap mendukung program tersebut. Bahkan, ia menyebut siap turun ke jalan membantu Pemerintah Kabupaten Bangkalan menyosialisasikan kepada warga.

“Kita dukung program SIKM dan kita akan bantu untuk mensosialisasikan kepada warga. Dengan begitu, tidak ada penyekatan lagi, tapi lebih pada pengecekan dengan syarat membawa SIKM,” kata Ahmad.

Ia juga berharap masyarakat yang berada di zona merah dapat mengurangi mobilitas kegiatannya. Sebab, ini penting untuk menekan kasus Covid-19. “Pencegahan ini memang harus dilakukan bersama-sama, kami siap membantu Pemkab Bangkalan untuk sosialisasi kepada warga,” pungkasnya. pur

baca juga :

Hari Pertama Uji Coba KBS, Sekitar 2000 Pengunjung Manfaatkan Akhir Pekan

Redaksi Global News

Usai Piala AFF, Indonesia Tatap Even Selanjutnya

Redaksi Global News

Persik Berangkat Lebih Awal ke Bali demi Matangkan Persiapan

Redaksi Global News