Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Unitomo Kini Dipimpin Perempuan

Rektor Unitomo Dr Siti Marwiyah SH, MH.

SURABAYA (global-news.co.id) – Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya  kini  dipimpin perempuan. Ini terkait dilantiknya  Dr Siti Marwiyah SH, MH, menjadi Rektor Unitomo periode 2021-2025 pada Rabu (6/2/2021), menggantikan Dr Bachrul Amiq yang sudah menjabat  selama dua periode.

Siti Marwiyah yang adik Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mohammad Mahfud M.D. ini sebelumnya menjabat sebagai Wakil  Rektor I. Dia menjadi rektor wanita pertama sekaligus rektor ke-9 Unitomo Surabaya.

Usai dilantik sebagai rektor, Siti Marwiyah mengemukakan komitmennya  untuk menjalankan kepemimpinan yang transformatif dalam memimpin Unitomo selama empat tahun ke depan.  “Kami akan banyak memberi dorongan motivasi dan melakukan fungsi enabling (memampukan, red) terhadap seluruh elemen sivitas akademika guna merangsang munculnya ide-ide baru untuk mengatasi setiap persoalan yang muncul, baik di lingkungan Unitomo maupun di tengah masyarakat,” ujar perempuan kelahiran Pamekasan, 28 April 1968 ini.

Untuk itu, tambahnya, Unitomo harus makin mengoptimalkan dukungan infrastruktur teknologi informasi agar bisa berkompetisi secara paripurna di era Industrial Revolution 4.0 dan Society 5.0 ini. “Ikhtiar ini sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim, yang tujuannya antara lain menyiapkan mahasiswa agar bisa menjadi sarjana yang tangguh, adaptif, dan selaras dengan kebutuhan zaman, serta siap menjadi pemimpin di masa depan dengan semangat kebangsaan yang tinggi,” terang perempuan yang akrab disapa Iyat ini.

Ditambahkan, bersama empat wakil rektor yang dilantik dirinya akan melaksanakan beberapa program yang telah dirancang sebelummya, seperti menggandeng beberapa industri dan pemerintah untuk mejuwudkan program MBKM.

Iyat juga berencana membuat terobosan dengan mendirikan program studi diploma yang berkaitan dengan kebencanaan.  “Karena Indonesia rawan bencana, kami akan membuka prodi diploma tentang kebencanaan. Ini yang saya kira masyarakat akan tertarik karena akan langsung praktik ke alam,” ujarnya.

Program studi kebencanaan nanti akan menjadi fokusnya selama menjabat rektor, selain juga tentang unit kepariwisataan Unitomo.

“Kami sudah siapkan perangkat dan kita notariskan. Sudah banyak yang membantu ini untuk menggerakkan ini, dari luar Unitomo juga. Kalau di luar kita punya Basarnas, nanti Unitomo akan punya Dapuma,” ujarnya.

Dalam acara pelantikan yang dihadiri Menkopolhukam Machfud M.D. tersebut, dilantik pula Wakil Rektor I Bidang Akademik Amirul Mustofa, Wakil Rektor II Bidang Keuangan Suyanto, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Sucipto, dan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Promosi Nur Sayidah.ret

 

baca juga :

Jelang Musim Penghujan, Khofifah Ingatkan Waspada Bahaya Hidrometeorologi

Redaksi Global News

Bank Maspion Launching Kredit Kepemilikan Mobil

gas

Tambahkan Fitur, ITS dan RSUA Luncurkan RAISA Generasi Terbaru

Redaksi Global News