Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Petani Tembakau Dibantu Infrastruktur Jalan, Irigasi dan Handtractor

Petani tembakau Pamekasan segera mendapat berbagai macam bantuan dari Pemkab. (Foto: Antara)

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Kegiatan yang akan dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam membantu kebutuhan para petani tembakau tahun ini cukup beragam. Di antaranya adalah kegiatan penanganan pada saat panen dan pasca panen. Selain itu juga ada kegiatan berupa bantuan dan pengandaan dukungan sarana dan prasarana usaha tani tembakau.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut ada sejumlah bantuan yang akan diberikan kepada petani, antara lain pengadaan mesin rajang tembakau, pengadaan genset dan pengadaan widik tembakau. Untuk bantuan mesin rajang disediakan sebanyak 20 buah, lalu pengadaan genset sebanyak 20 buah dan pengadaan widik tembakau sebanyak 2500 buah.

Selain itu dalam bidang kegiatan penanganan panen dan pasca panen ini juga ada kegiatan yang berupa membangun infrastruktur jalan, jaringan irigasi, yang dibangun untuk usaha tani dan produksi tembakau. Menurut rencana ada 30 ruas jalan yang akan dibangun dalam kegiatan ini. Dan dana yang disediakan untuk propgram ini sebesar Rp 3 miliar.

Infrastruktur jalan tentunya dibangunn untuk kemudahan sarana transportasi bagi petani untuk memenuhi kebutuhan sarana mengangkut hasil pertaniannya. Irigasi juga untuk kemudahan merawat dan menyiram tembakau sehingga petani merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan dalam progres penanaman pemeliharaan hingga pada saat panennya.

Sedangkan kegiatan terakhir di DKPP dari dana yang berasal dari DBHCHT adalah berupa kegiatan dukungan pengadaan sarana dan prasarana usaha tani tembakau. Ini berupa bantuan sarana pendukung pertanian sesuai dengan komoditas, teknologi dan spesifik lokasi.

Dalam kegiatan ini bentuknya berupa pengadaan handtractor sebanyak 165 unit, pengadaan pompa air sebanyak 30 unit, pengadaan cultivaror sebanyak 11 unit dan pengadaan handsprayer sebanyak 150 unit. Jumlah dana yang disediakan untuk kegiatan ini mencapai Rp. 4,9 miliar.

Kepala Bidang Produksi DKPP Pamekasan Achmad Suaidi mendampingi Kepala DKPP Ajib Abdullah mengatakan secara umum kegiatan yang dilakukan oleh lembaganya adalah berupa bantuan dan program yang membantu petani tembakau mulai saat awal peningkatan kualitas bahan baku budidaya hingga penanganan pasca panen.

Semua kegiatan yang didanai oleh DBHCT itu sesuai dengan sejumlah program prioritas yang diluncurkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Misalnya penanganan atau bantuan handtractor yang jumlahnya mencapai 165 unit se-Pamekasan.

“Dan bantuan hand tractor ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk memudahkan pengolahan lahan pertaniannya.
Termasuk juga untuk pengadaan dan bantuan pompa air sebanyak 30 unit, itu sangat sesuai dengan kebutuhan petani akan air untuk menyiram tembakau. Yang juga mngnkin akan bisa dimanfaatkan untuk kebutuan lainnya. Termasuk pengadaan handsprayer sebanyak 150 itu sangat besar gunanya bagi petani, “ katanya. (mas)

baca juga :

Melalui SSW Alfa, Pemkot Surabaya Permudah Urus Izin Reklame

Redaksi Global News

Wapres Ma’ruf Lepas Keberangkatan JCH Kloter 1 Embarkasi Surabaya

Khofifah Serahkan Bantuan Alat Kesehatan dan Sembako kepada Tokoh Adat Senduro

Redaksi Global News