Global-News.co.id
TNI

Mesin Molen Berfungsi Menghemat Tenaga dan Waktu pembangunan

GRESIK– Pada TMMD regular ke- 111 Kodim Gresik di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik beberapa molen telah didatangkan di lokasi pekerjaan. Namun tidak semua orang bisa mengoperasikan mesin molen, sehingga membutuhkan teknisi dalam mengoperasikan mesin tersebut.

Dengan menggunakan molen maka sebagian besar komponen bisa dicampur secara merata tanpa kita harus merasa lelah dan menguras tenaga berlebih. Selain itu, pemakaian molen juga berfungsi untuk menghemat tenaga, waktu dan pembangunan juga berjalan lebih cepat.

Mesin molen atau yang disebut dengan mesin concretre mixer, merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mencampurkan bahan material dalam kapasitas yang besar. Beberapa bahan material tersebut adalah kerikil, pasir, semen, air dan berbagai bahan lainnya.

Serda Imam anggota satgas TMMD reg 111 sudah sangat mahir dalam mengoperasikan mesin molen tersebut, pada Jumat (18/6/2021) ia mengatakan berdasarkan pengalamannya semasa bertugas dirinya sudah sering menjadi operator atau teknisi mesin molen.

“Sebelum menghidupkan mesin molen biasanya saya pastikan mesin telah terisi bahan bakar dan air pendingin, periksa ketersediaan oli mesinnya apakah masih cukup atau tidak, setelah itu kita geser tuas gas ke posisi star dan peganglah tuas engkol dengan tangan kanan kemudian masukan ke poros engkol secara benar agar tidak meleset saat memutar tuas engkolnya,” kata Serda Imam. *

baca juga :

TMMD, rehab rumah Misriah dikerjakan gotong-royong

gas

Sebuah Perjuangan Demi Mendapatkan Kelayakan Tempat Tinggal

gas

Aduk Semen dengan Cangkul Kebut Pembangunan TPT Jalan TMMD