Global-News.co.id
Pantura Utama

Gubernur Jatim Lantik Bupati dan Wabup Tuban Terpilih


TUBAN (global-news.co.id) – Gubernur Jatim, Dra. Khofifah Indar Parawansa melantik dan mengambil sumpah Aditya Halindra Faridzky, SE., dan H. Riyadi, SH., menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (20/06/2021).

Tampak hadir pada pelantikan, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali; Anggota DPR RI Komisi VIII, Dra. Hj. Haeny Relawati R.W., M.Si., yang juga merupakan Ibu dari Aditya Halindra Faridzky, Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak, Dr. Ir. Akbar Tanjung, Forkopimda Kabupaten Tuban, Komisioner KPU dan Bawaslu serta sejumlah petinggi partai politik di Jatim.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan pembangunan di kabupaten Tuban dapatnya meneladani ajaran Sunan Bonang Tuban, yaitu pembangunan mengedepankan Harmonis Partnership. Konsep Harmonis Partnership mengisyaratkan pembangunan Kabupaten Tuban yang menjaga hubungan masyarakat yang saling menghormati dan toleransi. Hal tersebut selaras dengan nilai luhur bangsa Indonesia. “Pembangunan daerah yang harmonis dan modern sejalan dengan pembangunan Jawa Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kabupaten Tuban kini tengah berkembang menjadi kota industri yang banyak mendatangkan investor. Kondisi tersebut harus disikapi dengan tersedianya infrastruktur pendukung untuk menghubungkan titik-titik strategis. Pemprov Jatim bersama Pemkab Tuban akan berkoordinasi PT. KAI terkait refungsionalisasi rel kereta api di kabupaten Tuban yang tidak aktif. Tujuannya, mempermudah dan mempercepat akses ke kabupaten Tuban. “Sehingga pekerja dari luar daerah tetap dapat bekerja di Tuban tanpa harus menetap di Tuban sehingga meminimalkan dampak sosial,” jelasnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo untuk ikut mendukung upaya percepatan vaksinasi dan memperketat PPKM. Di samping itu, perlu peningkatan disiplin protokol kesehatan. Meski demikian, penerapan kebijakan tersebut disesuaikan dengan kearifan lokal di tiap daerah. “Penanganan Covid-19 tetap dijalankan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Gubernur Jatim berpesan Bupati dan Wabup Tuban senantiasa bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk penguatan dan Pembangunan di kabupaten Tuban. Tujuan akhirnya utk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Tuban.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menyatakan akan segera berkoordinasi dengan OPD sejak hari pertama menjabat. Berbagai program kerja yang telah disusun sebelumnya akan segera diimplementasikan. “Kami akan segera turun ke masyarakat,” tuturnya.

Bupati Tuban menjelaskan Pemkab Tuban akan memprioritaskan penguatan infrastruktur jalan, peningkatan mutu kesehatan, dan pendidikan. Karenanya, sejumlah program disiapkan yang ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.

Menindaklanjuti amanah Presiden RI dan Gubernur Jatim, lanjut Bupati, Pemkab Tuban akan memaksimalkan upaya Tracking, Tracing, dan Treatment. Selain itu, pada tahun 2022 Pemkab Tuban akan mengalokasikan anggaran untuk penanganan dan pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

Bupati Tuban termuda ini berpesan kepada masyarakat Kabupaten Tuban agar tetap waspada dan saling mengingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing. “Selanjutnya, mari bersama-sama membuat karya terbaik untuk kabupaten Tuban sehingga lebih sejahtera, berdaya, dan diberdayakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., karena alasan kesehatan mengikuti pelantikan secara daring dari Rumah Dinas Wabup Tuban. Di samping itu, bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, jajaran pimpinan OPD, Anggota DPRD Tuban, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat mengikuti upacara pelantikan secara virtual.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan secara virtual dari 20 Kecamatan. Untuk Masyarakat umum juga dapat menyaksikan upacara pelantikan Bupati dan Wabup Tuban yang disiarkan di kanal youtube Diskominfo Tuban dan LPPL Radio Pradya Suara Tuban. (Hud)

baca juga :

Ribuan Guru di Surabaya Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Titis Global News

Hari Pahlawan, Unair Bagikan Sejuta Masker dan Beri Penghargaan

Redaksi Global News

Total Sudah 1.170 Kendaraan Diminta Putar Balik di 8 Titik Pintu Masuk Jatim

Redaksi Global News