Global-News.co.id
Indeks Madura Utama

Naik Motor Bawa Rantang, Bupati Baddrut Tamam Nyuapin Ibu Lansia

Bupati nyuapin Lansia Ibu Mainah (83) warga Jalan Stadion Gg V Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Warga Kelurahan Barurambat Kota Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tiba-tiba dikejutkan dengan kedatangan Bupati Baddrut Tamam ke rumah-rumah para lanjut usia (lansia) di daerah tersebut, Selasa (15/6/2021).

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu menaiki sepeda motor dari rumah dinasnya seraya membawa rantang. Ternyata, rantang tersebut berisi nasi untuk diberikan kepada lansia yang hidup sebatangkara. Bahkan, orang nomor satu di bumi Gerbang Salam itu menyuapi orang-orang sepuh seraya mendoakan mereka agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

“Saya merasa seperti ibu sendiri, nyuapin orang sepuh itu bukan hanya sekarang. Terutama kepada umi saya di rumah,” kata Bupati Pamekasan saat di tanya wartawan.

Bupati murah senyum itu pertama kali mendatangi rumah Mainah (71) warga RT 05 RW 05 dan rumah Bu Ruk (65) RT 01 RW 01 Kelurahan Barurambat Kota. Di dua rumah lansia tersebut bupati mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar lantaran menjadi bupati pertama di Pamekasan yang datang ke rumah lansia tersebut.

“Mimpi apa tadi malam kamu bu Ruk kok sampe disuapin bupati, terimakasih Pak Bupati,” teriak salah satu perempuan paruh baya yang melihat langsung kepedulian bupati Mas Tamam tersebut.

Bupati Pamekasan, Baddut Tamam menyampaikan, pihaknya merancang program memberi jatah makan dua kali sehari kepada para lansia tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Akhirnya, Pemkab Pamekasan melalui Dinas Sosial mengeluarkan kebijakan program memberi makan lansia setelah sebelumnya melalui verifikasi dan validasi data yang cukup panjang agar bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai dengan kategori sebagaimana yang termaktub dalam peraturan bupati. Yakni lansia hidup sebatangkara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif untuk mendapat makanan tambahan yang sehat.

“Nanti akan ada petugas datang ke bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur. Harapan kita juga nanti bu Ruk mendapat kesehatan dari Allah, panjang umur dan program ini bisa terus berkelanjutan,” harapnya.

Bupati yang masuk dalam bursa tokoh layak memimpin Jawa Timur tersebut meminta para pengantar nasi yang bertugas mengantarkan makan dua kali sehari kepada para lansia ikhlas seperti merawat ibu sendiri agar mendapat pahala berlipat dari Allah SWT.

“Ini program luar biasa, makanya saya minta keikhlasan, kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lansia sebatangkara ini berjalan berpondasikan keikhlasan serta kerja profesional. Kenapa kita perlu ikhlas dan sabar serta profesional? Karena program ini melayani orang harus bersungguh-sungguh,” tandasnya.

Bupati yang sangat semangat memajukan Pamekasan ini melanjutkan, bekerja mengantarkan tambahan makanan sehat dan bergizi dua kali sehari harus dilandasi semangat perjuangan dan pengabdian.

Tahun 2021, ada 400 lansia di 13 kecamatan akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas dua kali sehari. Terobosan baru Bupati Pamekasan, Baddrut Taman itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

“Terimakasih pak bupati, terimakasih,” kata Bu Ruk kepada Mas Tamam sebelum orang nomor satu di Pamekasan itu pamit kembali ke rumah dinasnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Kelurahan Barurambat Kota, Ahmad Dahlan mengapresiasi kerja Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam melalui program peduli lansia tersebut. Sebab, program itu menunjukkan jika pemerintah daerah peduli terhadap rakyat, terutama lansia. “Alhamdulillah, memang yang dibantu ini sangat layak,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Macan Kemayoran Kehilangan Rezaldi dan Rohit karena Cedera

Redaksi Global News

Bupati Hendy Perintahkan Bangun SDM, Sudah Saatnya Jember Tangguh Bencana

Redaksi Global News

Thailand Masters 2023: Bagas/Fikri Siap Tampil

Redaksi Global News