Global-News.co.id
Madura Utama

Bupati Baddrut Tamam Motivasi Semangat Para Calon Praja IPDN

Baddrut Tamam mengajak calon praja melihat ruang kerja bupati.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam memberikan pembekalan dan fasilitasi langsung terhadap calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Peringgitan Dalam Rumah Dinas Pendopo Ronggosukowati, Kamis (10/6/2021).

Dalam acara tersebut, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam didampingi Pelaksana Harian Sekretaris Daerah, Agus Mulyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Kabupaten Pamekasan, Achmad Faisol, Camat Pamekasan sekaligus Sekretaris IKA PTK Pamekasan, Rahmat Hidayat, dan Kabag Kesra Pemkab Pamekasan, Halifaturrahman.

Tahun 2021, ada 80 siswa Pamekasan yang mendaftar di kampus IPDN, dari jumlah tersebut 40 siswa diantaranya didatangkan ke rumah dinas bupati. Sementara 40 orang sisanya akan dikoordinasikan dengan kepala sekolah masing-masing untuk mengikuti pembekalan dan fasilitasi tahap kedua.

“Kita fasilitasi anak-anak kita yang sedang bercita-cita untuk lulus di beberapa sekolah kedinasan, hari ini di IPDN,” ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam usai acara.

Bupati murah senyum ini menambahkan, pihaknya akan mengantarkan generasi hebat masa depan untuk lulus di kampus IPDN sesuai dengan standart yang ditentukan kampus tersebut. Tentu, ikhtiar Pamkab Pamekasan harus diiringi semangat para calon praja dengan cara belajar sungguh-sungguh, berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

“Tugas pemkab akan fasilitasi, nanti berangkat tesnya kita berangkat bareng-bareng, disana nanti kita akan dampingi sebagai wujud dari ikhtiar kongkrit mengantarkan generasi hebat masa depan,” ungkapnya.

Dalam forum tersebut, Pemkab Pamekasan mengundang tiga praja asal Pamekasan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di IPDN kampus Sulawesi Selatan dengan memberikan support serta tata cara mendaftar hingga mengikuti tes di kampus tersebut yang dilaksanakan secara virtual.

Pembekalan sekaligus fasilitasi tersebut merupakan program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Taman di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa di sejumlah perguruan tinggi kedinasan. Seperti IPDN, akademi kepolisian, akademi militer dan beasiswa kedokteran di Universitas Airlangga Surabaya untuk 20 mahasiwa tidak mampu. Pemkab Pamekasan akan memberikan beasiswa hingga biaya hidup mereka selama menempuh pendidikan di kampus tersebut.

“Sudah jelas tadi, ada yang dari praja yang memberi motivasi dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya larinya harus sekian kilo, tes psikologinya passing grade harus sekian, tadi sudah dijelaskan,” tandasnya.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut bercerita tentang pengalamannya saat kuliah di perguruan tinggi yang nasibnya tidak seperti mahasiswa kebanyakan. Terutama dari segi ekonomi yang menuntut dirinya harus mencari uang saku dengan cara berjualan ketika tidak ada jadwal kuliah. Pengalaman tersebut menjadi salah satu motivasi untuk merancang program itu.

“Saya ingin, adik adik tidak seperti saya dulu, makanya kita fasilitasi. Saya harap adik-adik belajar yang rajin dan jangan lupa memohon kepada Allah,” pintanya.

Sementara itu, salah satu siswa calon praja IPDN, Ainul Salsabila menyampaikan terimakasih kepada Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang telah memberikan fasilitasi terhadap anak-anak untuk masuk di perguruan tinggi kedinasan. Sebab, kebijakan itu pertama kali di bumi Gerbang Salam.

“Program pertama dari Pemkab Pamekasan peduli terhadap siswa di Pamekasan. Terimakasih sudah memberikan motivasi dan semangat. Perasaan saya senang dan berkesan banget, terimakasih pak bupati,” ujar siswa asal SMA 1 Pamekasan tersebut. (mas)

baca juga :

SD Fastabiqul Khairat Samarinda Terdepan

gas

Perbanyak Guru Besar, ITS Kembali Kukuhkan Dua Profesor

Redaksi Global News

Berlaga di PON XX Papua, KONI Jatim Siapkan Rumah Isoman

Redaksi Global News