Global-News.co.id
Madura Utama

Bupati Baddrut Tamam Apresiasi Dukungan Warga Jadi Kabupaten  Literasi


PAMEKASAN (global-news.co.id) – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menjadikan daerahnya sebagai kabupaten literasi mendapat apresiasi masyarakatnya dan sejumlah pegiat literasi. Salah satunya, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Taman Asri Kowel Kecamatan Pamekasan.

Masyarakat di Kelurahan Kowel tersebut mendirikan taman baca yang terletak di lokasi Taman Asri Kowel dengan nama Mandhapa Literasi. Pengunjung bisa membaca buku sambil bersantai ria di taman secara gratis. Bahkan, pihak pengelola berencana untuk menyediakan fasilitas Wifi agar pengunjung bisa mengakses literatur-literatur online.

“Mandhapa Literasi ini akan menjadi fasilitas taman dan akan menjadi pusat kegiatan edukasi bagi para pengunjung. Kami memiliki beberapa literatur yang bisa dibaca oleh para pengunjung, mulai dari agama, sosial-budaya, ekonomi dan beberapa literatur tentang resep membuat obat tradisional  dan lain-lain,” terang Ketua KSM Taman Asri Kowel, M. Ali Wahdi, Minggu (20/6/2021).

Pihaknya terketuk hati untuk mendirikan fasilitas membaca tersebut pemerintah daerah mempunyai niat besar menjadikan Kabupaten Pamekasan mampu berdaya saing dengan kabupaten maju lain di masa yang akan datang. Karena investasi sumber daya manusia (SDM) sangat menunjang dalam kemajuan sebuah daerah. Apalagi, zaman akan terus berkembang, sehingga masyarakatnya harus melek ilmu pengetahun, informasi dan digitalisasi.

“Kami sedang berbenah dan terus berinovasi, kedepan pemerintah merencanakan akan menyiapkan WiFi untuk para pengunjung yang ingin belajar kelompok atau kegiatan edukasi di tempat ini,” tandasnya.

Alumnus Universitas Islam Madura ini menambahkan, pihaknya terlebih dahulu meminta pendapat dari berbagai elemen masyarakat dan stake holder lain dalam mendirikan perpustakaan mini yang diberi nama Mandhapa Literasi tersebut. Mengingat banyak sekali pelajar dan mahasiswa belajar kelompok serta diskusi di area taman yang perlu mendapat fasilitas.

“Makanya kami inisiatif untuk mendirikan ruang baca, apalagi pemkab sedang gencar-gencarnya menjadikan kabupaten ini sebagai kabupaten literasi,” tandasnya.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan, pihaknya mengapresiasi semangat masyarakat yang ingin bersama-sama berjuang memajukan Pamekasan dengan mendirikan fasilitas membaca sebagai upaya mendukung pemerintah daerah menjadikan kabupaten literasi.
Mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode ini berjanji akan memberikan fasilitas tambahan berupa Wifi di daerah tersebut.

Wifi itu tidak akan diberikan secara cuma-cuma kepada pengunjung, melainkan ada syarat yang harus diketahui, misalnya harus tahu lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri, dan lagu kebangsaan lainnya atau syarat lain yang mengedukasi masyarakat.

“Itu (fasilitas, red) perlu ditambah lagi. Misalnya di samping membaca buku, juga bisa membaca referensi yang online,” ungkapnya. (mas)

baca juga :

Sean Connery, Pemeran Bond Pertama Tutup Usia

Redaksi Global News

Hasil Rapid Test PN Surabaya, 4 Orang Reaktif dan 24 ASN Absen

Februari 2023, Jumlah Pengguna BNI Mobile Banking Melonjak 25% YoY

Redaksi Global News