Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Bank Jatim Permudah Pembayaran Pajak dan Tiket Wisata Non Tunai di Kabupaten Kediri

Bank Jatim bekerjasama dengan Pemkab Kediri mempermudah pembayaran pajak daerah seperti BPHTB, pajak hotel, pajak resto, pajak hiburan dan parkir melalui e-channel Bank Jatim.

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam rangka percepatan serta perluasan digitalisasi daerah khususnya di Kabupaten Kediri, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) terus memberikan kemudahan khususnya di bidang layanan digital perbankan. Kali ini Bank Jatim bekerjasama dengan Pemkab Kediri mempermudah pembayaran pajak daerah seperti BPHTB, pajak hotel, pajak resto, pajak hiburan dan parkir melalui e-channel Bank Jatim.

Dalam mekanismenya, wajib pajak dapat melakukan pembayaran Pajak Daerah melalui e-channel Bank Jatim yang ada saat ini seperti ATM, sms banking, internet banking dan mobile banking. Selain itu pembayaran pajak juga dapat menggunakan aplikasi finansial teknologi lainnya seperti QRIS serta transfer melalui virtual account Bank Jatim.

Dalam kesempatan ini pula, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Bank Jatim meluncurkan e-ticketing berbasis mobile application bagi pengunjung tempat wisata Gunung Kelud yang ada di Kabupaten Kediri, sehingga para wisatawan yang mengunjungi wisata Gunung Kelud dapat melakukan pembayaran non tunai menggunakan layanan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Bank Jatim. Inovasi ini juga merupakan langkah konkrit dalam meminimalisir penyebaran virus Covid-19 melalui uang tunai yang beredar di masyarakat.

Bertempat di Pendopo Panjalu Jayati, Selasa (8/6/2021), hadir secara langsung dalam acara tersebut Bupati Kediri H Hanindhito Himawan Pratama serta Direktur TI & Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo. Dalam sambutannya, Hanindhito menjelaskan bahwa pembayaran non tunai ini akan diberlakukan untuk pembayaran pajak daerah dan juga tiket masuk sejumlah tempat wisata. Hal ini sebagai upaya untuk menekan kontak langsung sehingga proses transaksi menjadi lebih aman terutama di massa pandemi saat ini. “Pembayaran secara digital ini juga merupakan langkah kami dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah dan efektifitas pelayanan publik,” ucap Bupati yang akrab dengan panggilan Mas Bup tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur TI & Operasi Tonny Prasetyo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Kediri yang telah mendukung Bank Jatim untuk melakukan implementasi Program Elektronifikasi Pemerintah Daerah (ETP) dan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) serta perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Kediri. “Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Timur, kami berkomitmen  untuk terus berinovasi dalam memberikan kemudahan layanan khususnya layanan berbasis digital,” terang Tonny.

Tonny berharap melalui layanan digital tersebut, Bank Jatim khususnya Cabang Pare dapat terus bersinergi dengan Pemkab Kediri selaku stakeholder dan masyarakat untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, mengembangkan potensi daerah serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). tis

baca juga :

SKK Migas Siap Gandeng JMSI Jatim Lakukan Penguatan Media

gas

Semen Indonesia Dapatkan Pinjaman Rp 1 Triliun Dari BNI

Redaksi Global News

All England, Bagas/Fikri Libas Juara Dunia Menuju Semifinal Perdana

Redaksi Global News