Global-News.co.id
Secangkir Kopi Utama

Vaksin Gotong Royong


BELAKANGAN ini , cukup banyak yang menyebut “vaksin gotong royong”. Sejak Selasa (18/5/2021),) vaksinasi gratis dilakukan terhadap para karyawan swasta melalui mekanisme vaksin gotong royong. Timbul pertanyaan vaksin gotong royong merek apa saja yang digunakan?

Seperti diketahui, vaksin gotong royong resmi diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Para pengusaha dapat melakukan vaksinasi COVID-19 di luar program pemerintah dan biayanya ditanggung pengusaha. Ada sejumlah vaksin yang digunakan dalam program yang ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo di hari pertama vaksinasi dimulai.

Menjawab pertanyaan vaksin gotong royong merek apa saja yang digunakan, pada Maret 2021, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengatakan ada 3 jenis vaksin yang akan digunakan, yaitu:

1. Novavax. Vaksin ini dibuat oleh perusahaan Novavax, yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat.
2. Moderna. Vaksin ini memiliki nama resmi mRNA-1273 yang dibuat perusahaan bioteknologi Moderna asal Cambridge, Massachusetts. 3. Sinopharm.

Vaksin Sinopharm dibuat oleh Beijing Bio-Institute Biological Products Co, salah satu unit Sinopharm atau China National Biotec Group (CNBG). 4. CanSino. Vaksin CanSino merupakan produk dari perusahaan biofarmasi spesialis vaksin di China, CanSino Biologics Inc.

Vaksin gotong royong ini yang menanggung adalah pengusaha dimana karyawan bekerja. Melihat kenyataan ini, maka peran pengusaha sangat penting dalam menghadapi atau memberantas covid-19 ini . Semakin banyak pengusaha memperhatikan karyawannya dalam vaksinansi, maka akan semakin cepat penyelesain covid-19. Terutama bila dikaitkan dengan untuk meminimalisir penyebaran virus yang membahayan tersebut. (*)

baca juga :

GLOBAL NEWS Edisi 272 (26 November-2 Desember 2020)

Redaksi Global News

Aktif Bergerak, Maung Bandung Boyong Dua Pemain Eks Persipura

Redaksi Global News

Proliga 2023: Megawati dan Yolla Bawa Pertamina Fastron Libas Popsivo

Redaksi Global News