Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pulang Luar Kota, Warga Surabaya Wajib Tunjukkan Hasil Tes Antigen

Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

SURABAYA (global-news.co.id)  – Warga Kota Surabaya yang baru pulang dari luar kota saat libur Lebaran diwajibkan menunjukkan surat bebas Covid-19 atau hasil tes usap atau tes cepat antigen kepada Satgas Covid-19 saat memasuki Kota Surabaya.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi  berharap  kota yang sudah dijaga sepenuh hati ini tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran. “Satgas dan pengawasan di masing-masing wilayah lebih dimaksimalkan. Ini demi menekan angka penyebaran Covid-19,” katanya, Rabu (19/5/2021).

Oleh sebab itu, Eri meminta Satgas Covid-19 setempat memastikan mereka yang baru pulang dari luar kota, telah membawa surat bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil tes usap atau tes cepat antigen.

Apabila warga belum memiliki, lanjut dia, Satgas Covid-19 wajib mengarahkan untuk tes usap dan kemudian melakukan isolasi mandiri di tempat yang disediakan hingga hasilnya dinyatakan negatif. “Mohon untuk 3T (Tracing, Testing dan Treatment) lebih dimasifkan. Peran RT/RW lebih intens memantau warga yang baru pulang dari luar kota,” katanya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Komisaris Besar Polisi Jhonny Edison Isir sebelumnya juga menegaskan setiap orang yang memasuki wilayah Kota Surabaya wajib menunjukkan surat non reaktif Covid-19 dari hasil tes GeNose maupun Polymerase Chain Reaction atau PCR.

Ia menjelaskan bahwa hal ini dilakukan selama masa pengetatan arus balik pascalebaran yang berlangsung mulai hari ini hingga 24 Mei mendatang. “Sama dengan penyekatan larangan mudik yang diberlakukan mulai 6 hingga 17 Mei lalu. Kami menyiagakan sebanyak 1.241 personel gabungan dari kepolisian, Tentara Nasional Indonesia dan Pemerintah Kota Surabaya,” ujarnya. pur, ara

baca juga :

23 Juli: Positif COVID-19 di Indonesia Tambah 1.906 Kasus dan Meninggal Tambah 117

Haji 2023: Tanpa Batasan Usia, Kuota Haji Indonesia 221 Ribu Jamaah

Redaksi Global News

Terinfeksi COVID-19, WNI Meninggal di Turki

Redaksi Global News