Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Menperin Agus Gumiwang – Wagub Emil Dardak Tinjau SBE, Pabrik Speaker Andalan Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendampingi kunjungan kerja Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau Pabrik CV. Sinar Baja Electric (SBE) di Jalan Margomulyo Surabaya, Selasa (25/5/2021).

SURABAYA (global-news.co.id) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendampingi kunjungan kerja Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau Pabrik CV. Sinar Baja Electric (SBE), yang terletak di Jalan Margomulyo Surabaya, Selasa (25/5/2021).

Setibanya di pabrik, Wagub Emil bersama Menperin Agus Gumiwang langsung menuju ke warehouse SBE melihat produk speaker yang dihasilkan pabrik tersebut.

SBE sendiri merupakan produsen speaker terbesar di Indonesia dan bahkan internasional. Produk dan layanannya mencakup semua jenis driver speaker serta sistem speaker turn key yang didukung penuh oleh fasilitas dan kompetensi internal.

Seusai melakukan peninjauan, Emil Dardak panggilan akrabnya mengapresiasi SBE sebagai pabrik speaker andalan Jatim. Pasalnya, selama 40 tahun berdiri, SBE memproduksi speaker produk elektronika yang menguasai pasar internasional.

“Ini suatu kebanggaan bagi Provinsi Jatim sebagai pabrik asli Jatim yang sudah berusia 40 tahun. Pabrik ini mampu memproduksi speaker produk elektronika yang menguasai pasar internasional,” katanya.

Dia menjelaskan, Pemprov Jatim pernah bekerjasama dengan SBE mendampingi ITS dalam menyempurnakan prototype ventilator emergency. Produknya disebut emergency ventilator ITS yang sekarang dikerjasamakan dengan Unair.

Bahkan saat ini, lanjut Emil, SBE mengembangkan satu prototype lagi yang diharapkan bisa dikerjasamakan untuk uji klinisnya.

Terkait ketenagakerjaan, mantan Bupati Trenggalek itu menilai, di tengah pandemi Covid-19, SBE telah mempertahankan tenaga kerjanya. Sehingga, kondisi tersebut telah memunculkan harapan besar terhadap industri otomotif lokal menyerap produk speaker dari SBE. Apalagi saat ini, sebut Emil, kapasitas mereka baru 60 %. Sehingga, masih ada ruang untuk meningkatkan kapasitasnya.  “Jika kapasitasnya ditingkatkan, harapannya akan lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Menperin RI Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, banyak yang masih belum mengetahui Pabrik SBE yang telah diekspor dan dipergunakan user kredibel. Bahkan mereka memiliki kriteria yang sangat tinggi.

Dia mencontohkan, pada speaker untuk mobil Bentley, sebagai salah satu mobil termahal di dunia. Semua bagiannya berkualitas di atas rata-rata, termasuk speakernya. “Ekspor ke negara lain sudah banyak dilakukan SBE. Penggunaan speaker yang ada di industri otomotif di Indonesia banyak disuplai perusahaan ini,” ujarnya. fan

 

baca juga :

Gerak Cepat, Arema FC Rekrut Empat Pemain Berlabel Bintang

Bencana Puting Beliung: Kapolresta Sidoarjo Pastikan Efektifitas Posko dan Dapur Umum

Redaksi Global News

Pengetatan Kembali PSBB, Pemkab Gresik Tunggu Rapat Satgas Covid-19

Redaksi Global News