Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Lebaran di Rumah Saja Demi Putus Rantai Penularan Covid-19

Kadinkes Jatim, dr Herlin Ferliana MKes.

SURABAYA (global-news.go.id) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Herlin Ferliana MKes, mengimbau seluruh masyarakat Jatim untuk merayakan lebaran di rumah saja dan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Imbauan ini dikeluarkan sehubungan adanya peningkatan kasus Covid-19 di India yang meroket tajam dan munculnya beberapa varian baru Covid-19 dari berbagai negara.

“Adanya momen lebaran atau liburan agak panjang panjang, biasanya terjadi mobilitas yang cukup tinggi dan berdampak pada tren peningkatan kasus. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk tidak mudik dan cukup merayakan lebaran di rumahnya masing-masing. Namun, yang sudah telanjur pulang ke kampung halamannya, dimohon untuk menerapkan protokol 5M dengan ketat,“ ujarnya dalam rilis yang diterima Kamis (6/5/2021).

Herlin menambahkan, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan saat berkumpul dan makan bersama keluarga. “Pastikan menjaga jarak lebih dari 1 meter saat berkumpul dan makan bersama. Hal ini tampak sederhana, namun akan bermasalah dan berisiko jika orang yang berada di depan kita adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan varian baru Covid-19,” tuturnya.

Untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penularan Covid-19, Dinkes Jatim bekerjasama dengan Dinkes kabupaten/kota akan melakukan tes acak kepada masyarakat di beberapa titik lokasi dan tempat wisata serta memastikan protokol kesehatan telah dilakukan secara ketat.

“Sekali lagi, kunci utama dalam pencegahan dan penularan COVID-19 adalah pelaksanaan protokol kesehatan 5M secara ketat,” pungkas Herlin.ret

baca juga :

Dapat Mandat Bank Global dari Menteri Erick Thohir, Ini Strategi BNI Dorong UMKM Ekspor

Redaksi Global News

Pertamina Imbau Masyarakat Gunakan BBM Ramah Lingkungan

Titis Global News

Lagi, Risma Pulangkan 81 Penderita Psikotik dan Gepeng Sembuh

Redaksi Global News