Global-News.co.id
Metro Raya Utama

ITS- PT Pertamina International Shipping Sepakati MoU Peningkatan Kualitas SDM dan Pengembangan Teknologi


Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kiri) dan Direktur Utama PT Pertamina International Shipping Erry Widiastono (kanan) usai menandatangani MoU.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Mitra industri merupakan salah satu komponen penting bagi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kali ini, ITS menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Pertamina International Shipping terkait kerjasama Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Pengembangan Teknologi yang dilaksanakan secara daring, Rabu (19/5/2021).

Dalam waktu yang bersamaan, MoU tersebut juga langsung ditindaklanjuti dengan menandatangani dua Perjanjian Kerjasama (PKS) sekaligus. Pertama PKS tentang Penyelenggaraan Program Internship dan Apprenticeship. Berikutnya PKS mengenai Seleksi Masuk ITS (SMITS) Pendidikan Sarjana, Sarjana Terapan dan Sarjana Kelas Internasional.

Direktur Utama PT Pertamina International Shipping Erry Widiastono menyatakan, kerjasama ini nantinya mampu memanfaatkan sumber daya yang ada di PT Pertamina International Shipping maupun ITS. Sehingga masing-masing kelebihan yang ada pada keduanya diharapkan mampu membangun sinergi yang positif untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

Menurut Erry, MoU ini nantinya juga akan ditindak lanjuti dengan berbagai PKS kembali yang saling menguntungkan. “Semoga kerjasama ini bisa berlanjut seterusnya dan dapat memberikan berkah untuk semua,” harap Erry pada akhir sambutannya.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menceritakan jika ITS sebenarnya telah memiliki kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam holding maupun subholding dari PT Pertamina (Persero).

Beberapa di antaranya adalah penggunaan sistem keselamatan kapal yang dibuat oleh ITS. Banyak pipa Pertamina bawah laut bisa dilakukan pemantauan, apakah kapal-kapal sedang melintas di atas pipa atau tidak. Hal tersebut akan membantu kapal mengetahui letak yang tidak diperbolehkan menurunkan jangkar.

Selain itu, Pertamina juga telah membantu ITS dalam melakukan distribusi robot Raisa selama pandemi berlangsung pada beberapa wilayah di Indonesia. “Oleh karena itu, ITS mengapresiasi dan berterima kasih serta sekarang ini mampu bersinergi dengan PT Pertamina International Shipping ini,” ungkap Guru Besar Teknik Elektro tersebut. tri

 

baca juga :

Doa Anies Baswedan dan Religiusitas Politik Indonesia

gas

Ratu Elizabeth Turun Tangan, Kobarkan Semangat Perang Dunia II untuk Kalahkan Corona

Redaksi Global News

Bupati Jember Kunjungi Warga yang Rumahnya Diterjang Banjir

Redaksi Global News