Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Cheng Hoo-Kecamatan Genteng Mulai Gerakkan Bisnis UMKM

Charles (kanan), saat memimpin rapat UMKM di kantor YHMCHI.

SURABAYA (global-news.co.id) –Menggerakkan perekonomian Surabaya yang bertumpu pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi program Walikota Surabaya, Ery Cahyadi sudah mulai diwujudkan oleh Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI). Menggandeng Kecamatan Genteng, YHMCHI, Sabtu (1/5/2021) malam, mengundang sejumlah UMKM se-Kecamatan Genteng untuk diberi arahan, sehingga bisnis yang dilakukan UMKM berjalan seperti yang diharapkan.

Pada tahap awal, untuk menggerakkan perekonomian masyarakat kota Surabaya, YHMCHI memesan nasi kotak sebanyak 11.400 buah kepada 10 pelaku UMKM dari 5 kelurahan di kecamatan Genteng.

“Nasi kotak tersebut kita pesan untuk keperluan buka puasa. Nanti kita salurkan untuk buka puasa para lansia, anak yatim dan piatu, serta penyandang cacat. Dari 11.400 tersebut, sebanyak 5.400 kita salurkan untuk warga kecamatan Genteng yang telah terdata. Selebihnya disalurkan ke tempat lain,” kata Wakil Ketua YHMCHI, M. Charles, seusai pertemuan dengan 10 pelaku UKM kecamatan Genteng di ruang rapat YHMCHI, Sabtu (1/5/2021).

Charles melanjutkan, pemesanan nasi kotak untuk buka puasa tersebut, merupakan langkah awal saja. Sementara langkah berikutnya adalah memberikan pelatihan-pelatihan tertentu, sehingga usaha yang dibangun bertambah maju dan mampu bersaing.

“Misalnya, seperti pelatihan akuntansi, pelatihan mindset dan lain sebagainya. Pelatihan tersebut akan kita laksanakan setelah lebaran,” katanya

Menurut Charles, pelatihan-pelatihan tersebut sangat penting artinya bagi kemajuan usaha yang ditekuni oleh para pelaku UMKM. Prinsip penting yang ingin ditekankan adalah prinsip kuat kaya dan bukan kuat miskin.

“Kuat kaya bukan kuat miskin itu, misalnya yang selalu jadi masalah adalah terkait pembelajaran pengelolaan anggaran yang tepat. Bagaimana agar alokasi keuangan mampu membuat usaha tumbuh dan berkembang maksimal melalui prinsip disiplin anggaran, ” katanya.

Arum, salah seorang peserta rapat dari UMKM kelurahan Paneleh, mengatakan, kerja sama kecamatan Genteng dengan YHMCHI menurutnya akan sangat membantu perekonomian warga.
Terutama perekonomian keluarga.

“Kegiatan seperti ini kita sambut dengan sangat baik. Karena akan menunjang perekonomian kita,” katanya.

Senada juga diungkapkan Nindi. Menurutnya, kegiatan kerja sama tersebut akan sangat membantu mengangkat perekonomian warga. Terutama dalam menghadapi masa-masa pandemi seperti sekarang. “Semoga program ini akan membuat kita semua lebih sejahtera, ” katanya.

Abdul Rauf, staf kecamatan Genteng yang mewakili Camat Genteng, mengatakan, pelaku UMKM yang terlibat berasal dari 5 kelurahan, yaitu Embong kaliasin, Ketabang, Genteng, Paneleh, dan Kapasari.

“Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat melahirkan UMKM yang lebih profesional dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga Kota Surabaya, utamanya warga kecamatan Genteng, ” katanya. (Tamam)

baca juga :

Pilkada Pasuruan, Gus Ipul untuk Sementara Ungguli Petahana

Redaksi Global News

Jokowi Berharap Dana Haji Dikelola dengan Hati-hati

Redaksi Global News

Buka Festival Dalang Muda 2019, Sekdaprov Heru Ingatkan Pentingnya Pemahaman Pakem Pewayangan

Redaksi Global News