Global-News.co.id
Nasional Utama

140 WN China Kembali Masuk Indonesia



JAKARTA (global-news.co.id) –
Heboh warga China masuk Indonesia di tengah pandemi Covid-19 dan penyekatan pemudik Lebaran Idul Fitri 1442 H kembali terjadi. Kali ini gegara sebanyak 140 warga negara asing (WNA) China yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 17 Mei 2021. WN China itu tiba di Indonesia dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8990 rute Guangzhou-Cengkareng.

Para WNA China itu tiba di Bandara Soetta, Cengkareng, dengan menggunakan dokumen Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Kedatangan ratusan WN China di Indonesia ini langsung menjadi sorotan. Bahkan, bukan kali ini saja, sebelumnya warga China juga telah berdatangan ke Indonesia. Ratusan WN China ini tiba di Indonesia secara bergelombang di tengah aturan peniadaan mudik atau pengetatan perjalanan dalam negeri bagi warga selama periode 6-17 Mei 2021.

Mengutip viva.co.id, dalam sepekan terakhir, sudah ada lima rombongan WN China tiba di Indonesia. Pada 11 Mei 2021, 103 WN China tiba di Soetta dengan menggunakan Maskapai China Southern CZ 8353 dari Senzhen. Selanjutnya pada 12 Mei, pesawat Charter Sriwijaya Air tiba dari Hangzhou membawa 149 WN China.

Kemudian pada 13 Mei, sebanyak 110 WN China mendarat di Cengkareng dengan menggunakan Maskapai Xiamen Air MF855 dari Fuzhou. Pada 15 Mei Maskapai China Southern tiba dari Guangzhou membawa 158 WN China, dan pada 17 Mei 2021, Maskapai Pelat Merah Garuda Indonesia mengangkut 147 WNA China dari Guangzhou ke Tanah Air.

Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan para WN China tiba di Bandara Soetta dengan menggunakan pesawat berjadwal bukan pesawat charter. Mereka memiliki izin untuk bekerja pada proyek strategis nasional.

Setidaknya ada 12 penerbangan internasional yang tiba di Bandara Soetta pada Senin kemarin, dan semuanya merupakan pesawat terjadwal dengan rute tujuan Bandara Soetta. (vci)

baca juga :

Kurs Dolar AS Melemah

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Perkuat Sinergitas dengan Jajaran Forkopimda

gas

SIG Serahkan Bantuan Mobil Tangki Air dan Alat Pemanen Padi di Trenggalek dan Pacitan

Redaksi Global News