Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Vaksin Merah Putih Unair Mulai Temukan Titik Terang

Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih menjelaskan perkembangan vaksin merah putih di hadapan media, Senin (19/4/2021).

 

SURABAYA (global-news.co.id)  – Pandemi Covid-19 telah menggerakkan banyak pihak untuk melakukan terobosan dan inovasi. Baik dalam mengendalikan, penanganan, hingga pencegahan. Hal itulah yang terus dilakukan oleh Universitas Airlangga (Unair) dari saat awal pandemi muncul hingga saat itu.

Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih menjelaskan berkaitan dengan Covid-19, sejak awal Unair secara komprehensif terlibat di dalamnya. Sebagaimana diketahui, dari segi rancangan Unair terlibat dari proses tes, hingga dengan penanganan jenazah.  Sebelum yang lain mengulas tentang reagen, Unair lebih awal melakukan proses tes dengan swab PCR. Bahkan, RSUA sebelum rumah sakit yang lain terlibat dalam penanganan krisis pandemi, RSUA sudah siap.  “Artinya dari sisi manajemen Unair sudah sangat siap dari awal,” katanya kepada kalangan media, Senin (19/4/2021).

Dari sisi program, Unair telah melahirkan banyak inovasi. Baik dari jangka pendek hingga jangka panjang. Dalam jangka pendek, banyak tim dosen yang menghasilkan produk untuk peningkatan imun dan berbagai inovasi untuk mengendalikan pandemi.

Selain itu, kombinasi obat juga sudah dihasilkan yang digunakan banyak dalam berbagai kalangan. Tercatat ada 80 lebih RS milik TNI AD.

Menurut Prof Nasih, karena sudah setahun lebih, program jangka panjang juga terus dioptimalkan. Salah satunya program pengadaan vaksin. Dalam hal ini Unair sebagai tim peneliti tidak berdiri sendiri. Banyak pihak yang terlibat. Antara lain Kemenristek BRIN.

Dari program ini, artinya vaksin ini adalah bagian dan komitmen program jangka panjang Unair dalam penanganan Covid ini. Proses panjang, jalan berliku, dan beberapa kali berganti metode.

“Dari semua proses ini, yang terpenting Unair tidak akan terlalu jauh ikut dalam proses produksi massalnya. Posisi Unair berada dalam proses penyiapan dan semua dilakukan dengan benar dan mendapatkan rekomendasi dari BPOM,” katanya.

Disinggung kapan waktu vaksin bisa digunakan, menurut Prof Nasih diprediksi sekitar 10 hingga 11 bulan lagi. Mengingat tahap praklinis bukanlah tahap yang sederhana dan sebentar. Jadi proses ini masih panjang agar efektivitas vaksin bisa benar-benar maksmal.

“Mohon doanya, semua harap bersabar dan semoga vaksin merah putih bisa segera dimanfaatkan oleh semua kalangan,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih selaku Koordinator Produk Riset Covid-19  mengatakan perjalanan riset vaksin merah putih Unair merupakan perjalanan panjang dengan tim besar. Ada tiga platform yang dikembangkan oleh Unair. Dalam mengumpulkan kandidat vaksin setidaknya ada 8 platform. Unair mengambil 3 yakni classical dan next generation. “Semuanya intinya untuk mendapatkan bagian protein bagian virus yang merupakan bagian antigen dan disuntikkan untuk tubuh kita mendapatkan antibody,” katanya.

Dari tiga platform, ada satu yang sudah jalan sampai uji praklinik. Maka ini yang dipercepat. Namun yang lain tetap terus berjalan. Karena kita tidak tahu ke depannya, jadi tetap kita jalankan.

“Inactivited (yang sudah jalan) ini tidak sembarangan. Meski sering digunakan, atau virus dimatikan juga tidak mudah. Dalam melakukan hal ini, perlu terobosan teknologi. Dan Alhamdulillah berhasil dengan banyak sampel dari RSUD dr Soetomo, RSUA, dan LPT,” katanya.

Dijelaskan Prof Ni Nyoman, tahapan panjang dari laboratorium, uji praklinik ini juga butuh waktu yang panjang, dan masuk dalam ranah industri.  Semua tahapan itu dilalui dengan arahan dari BPOM dan Kemenkes. “Ini tahapan yang sudah kita lalui dalam setahun ini. Mudah-mudahan semua proses bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Terkait efektivitas vaksin terhadap variasi baru Covid-19, desain vaksin sudah disiapkan untuk menyikapi varian baru yang muncul dari berbagai negara. Munculnya varian baru di tempat lain, sudah diantisipasi oleh tim peneliti. “Stren kita sudah siapkan agar evikasi vaksin tinggi dan bisa antisipasi dengan varian baru. Mohon doanya semoga praklinik memberikan hasil yang bagus,” katanya. tri

baca juga :

Mane Gabung Al Nassr, Ronaldo Dapat Tandem Mengerikan

Redaksi Global News

Waspada Corona, TNI-Polri Dibantu Satpol PP Diminta Bubarkan Kerumunan Massa

Redaksi Global News

Pusamania Optimistis Borneo FC Bersaing di Papan Atas