Global-News.co.id
Pendidikan Utama

UTBK Hari Pertama, ITS Berhasil Layani 1.707 Peserta Tanpa Kendala

Peserta UTBK di Departemen Teknik Informatika ITS melaksanakan tesnya sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan.

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Meski masih dilanda pandemi, kegiatan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berjalan cukup lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng pun langsung meninjau pelaksanaan hari pertama di Departemen Teknik Informatika ITS, Selasa (12/4/2021).

Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng mengungkapkan bahwa sebanyak 1.707 peserta UTBK hadir dan mengikuti kegiatan UTBK di hari pertama pelaksanaannya di ITS sebagai salah satu PTN penyelenggara. Sedangkan 42 peserta lainnya tidak dapat hadir. “Angka ini merupakan angka kehadiran yang cukup besar,” tutur dosen yang kerap disapa Machmudah ini.

Peserta yang hadir tersebut dibagi dalam 57 ruangan terpisah setiap sesinya di ITS dan kampus mitranya, seperti Politeknik Negeri Elektronika Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya.

Semua peserta UTBK pada hari pertama ini merupakan peserta yang memilih UTBK Saintek dan Soshum. UTBK Saintek mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS), Kimia, Matematika, Biologi, serta Fisika. Sedangkan UTBK Soshum menliputi TPS, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. “Kini kami sedang melayani peserta UTBK Saintek dan Soshum, sedangkan UTBK Campuran akan kami laksanakan pada hari Kamis (15/4/2021) mendatang,” jelasnya.

Suksesnya UTBK yang dilaksanakan pada hari pertama ini setidaknya dapat dilihat dari tidak adanya peserta yang dipulangkan karena tidak memenuhi persyaratan melakukan UTBK. “Semua peserta pada hari pertama berhasil mengikuti tes tanpa ada kendala,” ungkap dosen Departemen Teknik Kimia ini.

Semua peserta UTBK lulus protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan oleh ITS, seperti tes suhu, penggunaan masker medis, sarung tangan medis, sterilisasi ruangan, dan sebagainya. Hal ini selaras dengan pernyataan Rektor ITS yang meninjau keadaan di lapangan bersama dengan jajaran pimpinan ITS lainnya menjelang berakhirnya sesi pertama pada hari pertama tersebut.

Di hadapan awak media, rektor yang akrab disapa Ashari ini menganjurkan seluruh peserta UTBK untuk meninjau lebih dulu lokasi yang telah ditentukan sebelum mengikuti ujian. Ia juga berpesan agar peserta UTBK mengerjakan soal-soal dengan nyaman. “Kami menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya agar peserta UTBK merasa nyaman dan aman,” tandasnya memastikan.

Setelah melalui tes suhu badan, apabila ada peserta UTBK yang tidak membawa sarung tangan medis akan diberi oleh ITS. Kemudian peserta akan diarahkan menuju ruang tunggu sebelum memasuki ruang ujian. Di ruang tunggu, peserta bersiap untuk mengikuti kegiatan UTBK. Tak lupa, peserta juga diharuskan mengganti maskernya menjadi masker medis yang juga disediakan oleh ITS bagi mereka yang tidak membawanya. tri

baca juga :

Triwulan IV 2022, BI Ungkap Kegiatan Dunia Usaha di Jatim Alami Perlambatan

Redaksi Global News

Proliga 2023: Pertamina Pertamax Sabet Kemenangan Perdana

Redaksi Global News

Siap-siap, Tarif Tol Surabaya-Gempol Naik Mulai 17 Januari 2021

Redaksi Global News