Global-News.co.id
Secangkir Kopi Utama

Tarawih, Jangan Kendor Melaksanakan Prokes

TAK lama lagi Umat Islam akan melaksanakan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan. Pada puasa tahun lalu, dimana kita “disibukkan” dengan virus covid-19 yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan. Pada Ramadhan tahun ini pandemic masih belum berlalu. Umat Islam pun akan melaksanakan shalat tarawih.

Seperti kita ketahui, sejumlah anggota masyarakat sudah melakukan vaksin. Apakah nanti shalat tarawih menjadi longgar? Tidak. Meski sebagian besar warga sudah menjalani vaksinasi, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur tetap mengingatkan pengurus masjid memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) di tempat ibadah. Hal ini agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat beribadah saat menjalankan puasa Ramadhan 2021.

Ketua DMI Jatim KH M Roziqi mengimbau para pengurus masjid bisa menyiapkan sejumlah prokes. Misalnya tempat cuci tangan di area masjid hingga menjaga jarak saf para jemaah saat beribadah shalat wajib hingga tarawih. Roziqi mengatakan shalat tarawih berjemaah di masjid bisa digelar asal menerapkan prokes ketat.

Shalatnya seperti biasa, yang penting tetap menegakkan protokol kesehatan, pakai masker, menjaga jarak. Kita imbau boleh melakukan tarawih tapi tetap prokes harus ditegakkan. Taka ada menggelar tarawih. Tidak ada larangan, yang penting prokesnya jangan dilupakan.

Sementara Roziqi mengatakan sejumlah imam dan marbot masjid di Jatim telah mendapatkan vaksin. Data terakhir, ada 600 imam dan marbot yang telah mendapatkan vaksin.

“Data lengkapnya ada di Masjid Al Akbar sudah 600an imam dan marbot yang sudah divaksin,” ungkap Roziqi.
Yang jelas, ketersediaan vaksin yang diperuntukkan pada imam dan marbot cukup. Agar pelayan masyarakat bisa lebih terlindungi dan lebih tenang dalam menjalankan ibadah. Terpenting, dengan menggunakan prokes yang benar, diharapkan taka da penularan selama pelaksanaan shalat tarawih ini.(*)

baca juga :

Bus Listrik Layani Civitas Academica ITS

Redaksi Global News

Dampak COVID-19, Menpan-RB Izinkan PNS Kerja dari Rumah

Redaksi Global News

Armenia, Azerbaijan, Rusia Sepakat Akhiri Konflik Nagorno-Karabakh

Redaksi Global News