Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Sinergi Unair – Pelindo III Sukseskan Program Kampus Merdeka

Universitas Airlangga bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU, Kamis (15/4/2021).

 

SURABAYA (global-news.co.id)  – Program Kampus Merdeka yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendorong banyak perguruan tinggi untuk melakukan berbagai gebrakan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai dunia industri. Kali ini, untuk turut menyukseskan hal itu, Universitas Airlangga bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU, Kamis (15/4/2021).

Bertempat di Aula Amerta Kampus C Unair, MoU antara Unair dan PT Pelindo III dilangsungkan secara offline dan live via YouTube Unair. Dalam sambutannya, Direktur SDM PT Pelindo III Edy Priyanto SKM, MM., mengatakan bahwa ada tanggung jawab bersama antara dunia pendidikan dan industri untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

“Dalam mewujudkan manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing bukan hanya tugas dunia pendidikan, tapi juga peran dari dunia industri,” ujarnya.

Untuk itu, sambung Edy yang juga alumnus FKM Unair, sinergi dan sinkronisasi dunia pendidikan dan industri mutlak adanya. Jika selama ini ada jarak antara industri dan dunia pendidikan, maka dengan MoU antara Unair dan Pelindo III ini diharapkan menjadi jembatan untuk sinergi bersama mewujudukan SDM Indonesia yang unggul dan berkualitas. “Kami selalu siap untuk hal itu,” tandasnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama Rektor Unair Prof Dr Moh. Nasih dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan menyambut baik langkah MoU yang dilakukan dengan Pelindo III. MoU yang dilangsungkan, sambungnya, diharapkan bisa memfasilitasi potensi yang dimiliki oleh Unair sebagai gudang dari ilmu pengetahuan untuk bisa mengaplikasikannya di lapangan.

Tidak hanya itu, dalam sambutannya Prof Nasih juga menyinggung bahwa MoU yang dilakukan juga menjadi wujud dari upaya untuk mendukung program Kampus Merdeka. Pasalnya dengan belajar di lapangan, mahasiswa bisa menyinergikan banyak ilmu yang didapat di kelas dengan kondisi riil di dunia kerja.

“Terkait program kampus Merdeka, maka kerjasama ini sangat mendukung program tersebut. Oleh karena itu, kerjasama ini sangat relevan untuk mendukung dan membekali mahasiswa dalam dunia industri,” jelas Prof Nasih.

Pada akhir, dari MoU yang bakal dilangsungkan, Prof. Nasih juga berharap bahwa dari pihak Pelindo III tidak hanya sekadar menjadi tempat magang atau mencari ilmu mahasiswa. Ke depan,  dari pihak Pelindo diharapkan juga bisa memberikan dan berbagi wawasan dalam bentuk kuliah tamu.

“Dengan MoU ini, kami rasa tidak hanya memberikan kesempatan mahasiswa untuk magang dalam satu semester atau minimal tiga bulan. Tapi, dari pihak Pelindo III juga bisa bertukar gagasan dalam bentuk diskusi dan kuliah. Dan dengan ini program Kampus Merdeka bisa diwujudkan dengan maksimal,” pungkasnya. tri

baca juga :

Semen Indonesia Gelar Pesta Rakyat hingga 1 Januari 2018

Redaksi Global News

Peraturan Ling Tien Kung Disosialisasikan

gas

dr Lanny Ungkap Kunci Eksistensi Miracle Clinic Selama 24 Tahun

Redaksi Global News