Global-News.co.id
Nasional Utama

Seluruh Awak Nanggala-402 Gugur, Panglima TNI Usulkan Kenaikan Pangkat

Antara
KRI Nanggala-402 pernah terlibat dalam latihan gabungan TNI AL-US Navy, CARAT-8/02 yang diadakan pada 27 Mei – 3 Juni 2002. Latihan CARAT ini berlangsung di perairan Laut Jawa, Selat Bali dan Situbondo.

JAKARTA (global-news.co.id) – Pencarian terhadap posisi kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali membuahkan hasil. Kapal ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah dan dipastikan seluruh awak kapal gugur.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan akan memberikan penghargaan bagi para awak kapal selam KRI Nanggala-402. Penghargaan ini berupa usulan kenaikan pangkat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Kita akan memberikan satu penghargaan kepada pada prajurit yang gugur di Nanggala-402. Dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada Bapak Presiden yaitu berupa kenaikan pangkat. Dan segera akan kita proses,” katanya, Minggu (25/4/2021).

Dijelaskan Hadi update proses pencarian oleh Basarnas, Bakamla, Polri, KNKT, dan negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Amerika Serikat menemukan hasil kapal selam milik TNI AL tersebut ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah. Kapal MV Swift Rescue dari Singapura yang telah menerjunkan remote underwater vehiclenya telah mendapatkan citra bawah air secara visual dengan menggunakan kamera dan telah mengonfirmasi adanya bagian dari KRI Nanggala 402 bagian belakang, jangkar, luar, kemudi selam timbul, termasuk baju keselamatan awak kapal MK 11.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali,”ungkapnya.

Dia menyampaikan rasa duka sedalam-dalamnya kepada keluarga awak kapal. Termasuk kepada Korps Hiu Kencana dan TNI AL. “Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha besar memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan. Rasa duka cita tersebut juga kami tujukan kepada seluruh keluarga besar Hiu Kencana pada khususnya. Serta seluruh keluarga besar TNI AL pada umumnya,” ujarnya.

Dia berharap semua jajaran TNI dapat meneruskan pengabdian secara paripurna. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menerima seluruh amal ibadah dan pengabdian saudara-saudara. Semoga kami semua dapat meneruskan pengabdian paripurna saudara-saudara sebagai prajurit-prajurit terbaik TNI,” ujarnya. jef, tri

baca juga :

Wabup Raja’e : Agar Bisa Efektif BNK Harus Jadi BNNK

gas

SE MenpanRB Atur Sistem Kerja ASN Berdasarkan Zonasi Risiko COVID-19

Redaksi Global News

Hingga 24 April, Bank BUMN Beri Keringanan Kredit kepada 832.052 Debitur